POROSKOTA.COM, BOGOR – Sebanyak 144 peserta , yang digelar di Sentul Highlands Golf Club, Bogor, Jawa Barat menjadi saksi bagaimana olahraga golf menjadi wadah istimewa bernapaskan kebangsaan.

Turnamen perdana yang diselenggarakan oleh Ikatan Keluarga Alumni Lembaga Ketahanan Nasional (IKAL Lemhannas) melalui ini benar-benar memadukan kegiatan berolahraga yang mengasah tubuh dan jiwa, sekaligus mewujudkan nilai-nilai yang turut memperkukuh semangat kebersamaan dalam keberagaman.

Betapa tidak, seluruh elemen dari kalangan TNI dan Polri ikut menjadi bagian dari penyelenggaraan turnamen yang juga dihadiri oleh sejumlah tokoh masyarakat ini.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Masing-masing berusaha tampil maksimal di atas lapangan yang didesain oleh legenda golf dunia Gary Player; bermain tanpa sekat, sambil menjalin keakraban dan silaturahmi.

Selain menjadi bagian dari peringatan ulang tahun ke-44 IKAL Lemhannas, Turnamen Golf Cup 2022 ini juga ingin mensyukuri kemerdekaan Republik Indonesia ke-77.

Itu sebabnya, semangat-semangat optimisme untuk melanjutkan kemerdekaan dengan menjalin kebersamaan dan kepedulian, sangat kental terpancar dari kegiatan hari Minggu (4/9/2022) ini.

Dalam keterangannya, Ketua Umum DPP IKAL Lemhannas Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar menyampaikan,

”Tugas utama IKAL Lemhannas sekarang adalah merajut kembali persatuan dan kesatuan bangsa setelah kita mengalami keterbelahan pilihan masyarakat pada Pilpres 2019, yang kala itu mengakibatkan terjadinya polarisasi yang membahayakan kehidupan berbangsa dan bernegara,” paparnya.

”Kini masa-masa itu sudah berlalu dan tugas kita tanpa kecuali adalah merajut kembali persatuan dan kesatuan bangsa. Menurut saya, olahraga golf bermanfaat, tidak hanya untuk menjaga agar tubuh sehat dengan berolahraga, berlaku gembira, dan membangun optimisme, tetapi juga sebagai arena membangun kebersamaan, kerukunan, sambil bersilaturahmi dan berdiskusi secara sehat, dan penuh etika norma yang baik,” sambung Agum Gumelar.

”Harap dicatat, orang yang sukses itu biasanya orang yang sehat, selalu gembira, optimistis dan tidak apatis.”

Agum Gumelar juga menegaskan bahwa kegiatan yang membangun kepedulian sosial bagi sesama, khususnya mereka yang sedang tertimpa musibah, menjadi bentuk konktit kepedulian sosial yang ingin diwujudkan oleh IKAL Lemhannas. Komitmen ini menjadi sebuah akutualisasi dari sikap toleran di negara yang berfalsafahkan Pancasila.

Selain itu, Agum Gumelar juga menegaskan bahwa kepedulian sosial ini menjadi upaya untuk menanggalkan asumsi masyarakat pada umumnya bahwa golf selalu berpihak kepada kalangan berada.

Meskipun mayoritas diikuti oleh kalangan TNI dan Polri, IKAL Lemhannas jelas ingin menularkan semangat-semangat luhur tersebut kepada seluruh lapisan masyarakat.

Guna menambah semangat para peserta, panitia juga menghadirkan hadiah mobil di seluruh hole par 3, sebagai apresiasi bagi mereka yang mampu memasukkan bola dalam satu pukulan. Sedangkan mobil Brio menjadi hadiah undian utamanya.

Turnamen ini sendiri disemarakkan oleh grup musik Amigos Band dengan Andrea Lee sebagai MC.