POROSKOTA.COM – Berikut bacaan ayat 59 beserta arti terjemahan dan tafsir.

Surat Al Ahzab adalah surat ke-33 dalam yang artinya golongan yang bersekutu.

Al Ahzab ayat 59 berisi perintah Allah SWT agar perempuan menutup .

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Berikut bacaan, arti terjemahan, dan tafsir Surat Al Ahzab ayat 59, dikutip dari quran.kemenag.go.id.

Bacaan QS Al Ahzab Ayat 59

يٰٓاَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِّاَزْوَاجِكَ وَبَنٰتِكَ وَنِسَاۤءِ الْمُؤْمِنِيْنَ يُدْنِيْنَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلَابِيْبِهِنَّۗ ذٰلِكَ اَدْنٰىٓ اَنْ يُّعْرَفْنَ فَلَا يُؤْذَيْنَۗ وَكَانَ اللّٰهُ غَفُوْرًا رَّحِيْمًا

Yā ayyuhan-nabiyyu qul li’azwājika wa banātika wa nisā’il-mu’minīna yudnīna ‘alaihinna min jalābībihinn(a), żālika adnā ay yu‘rafna falā yu’żain(a), wa kānallāhu gafūrar raḥīmā(n).

Terjemahan Al Ahzab Ayat 59

“Wahai Nabi (Muhammad), katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin supaya mereka mengulurkan jilbabnya622) ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu agar mereka lebih mudah untuk dikenali sehingga mereka tidak diganggu. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

622) Menurut satu pendapat, jilbab adalah sejenis baju kurung yang longgar yang dapat menutup kepala, wajah, dan dada.

Lanjut baca Surat Al Ahzab FULL

Tafsir Al Ahzab Ayat 59

Dikutip dari Tafsir Tahlili laman Quran Kemenag, Allah memerintahkan kepada seluruh kaum muslimat terutama istri-istri Nabi sendiri dan putri-putrinya agar mengulurkan jilbab ke seluruh tubuh mereka.

Hal itu bertujuan agar mereka mudah dikenali dengan pakaiannya karena berbeda dengan jariyah (budak perempuan), sehingga mereka tidak diganggu oleh orang yang menyalahgunakan kesempatan.

Seorang perempuan yang berpakaian sopan akan lebih mudah terhindar dari gangguan orang jahil.

Sedangkan perempuan yang membuka auratnya di muka umum mudah dituduh atau dinilai sebagai perempuan yang kurang baik kepribadiannya.

Bagi orang yang pada masa lalunya kurang hati-hati menutupi aurat, lalu mengadakan perbaikan, maka Allah Maha Pengampun lagi Maha Pengasih.

Karena perbuatan yang menyakiti itu seringkali dilakukan oleh orang-orang munafik, maka pada ayat berikut ini Allah mengancam mereka dengan ancaman yang keras sekali.