POROSKOTA.COM, CALIFORNIA – Setelah lama ditunggu, arloji pintar yang diklaim tahan air besutan Google, Pixel Watch akan resmi meluncur menyapa pasar di acara seri Pixel 7 yang dilangsungkan pada 6 Oktober 2022.

Meski baru dirilis pekan depan, kehadiran dikabarkan bakal menjadi pesaing berat jam tangan pintar premium lainnya seperti Samsung Galaxy Watch 5 dan Apple Watch Series 8.

Seperti yang telah dibocorkan oleh pendiri Google, Sundar Pichai, Pixel Watch yang hadir dengan layar berbentuk lingkaran serta dikelilingi oleh bezel berbahan stainless steel berwarna hitam, dan perlindungan Corning Gorilla Glass, serta fitur canggih Water Resistant air 5 ATM.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Material tersebut dapat membuat ini dapat berada di bawah tekanan air dengan kedalaman 50 meter.

Di sisi kanan Google turut menyertakan sebuah tombol fisik yang disebut Crown yang berfungsi sebagai tombol “home” untuk membantu pengguna mengakses notifikasi dan petunjuk dari daftar aplikasi yang ditawarkan dalam Google Pixel Watch, mencakup Google Maps, Google Assistant, Google Wallet, dan Google Home.

Berbeda dari arloji pintar lainnya, Pixel Watch ditenagai oleh chipset Snapdragon W5+ dengan menjalankan sistem operasi khas smartwatch buatan Google.

Yakni WearOS 3 yang dilengkapi beberapa fitur kesehatan termasuk Sensor BioActive yang dapat mengukur detak jantung dan persentase lemak tubuh.

Arloji canggih ini juga dibekali alat sensor yang dapat memonitor waktu tidur, serta sensor Fitbit Charge 5 dengan sensor pembacaan SpO2 dan EKG dan fitur Active Zone Minutes yang berfungsi untuk melihat analisa statistik pengguna saat sedang berolahraga.

Google juga mendesain arloji ini agar dapat melakukan sejumlah transaksi pembayaran fitur hingga melakukan panggilan Emergency SOS yang diklaim mampu membantu pengguna melakukan panggilan ke layanan darurat dan menghubungi kontak teman atau keluarga saat berada di tengah situasi genting.

Meski Pixel Watch hanya dapat dihubungkan pada smartphone berbasis OS Android 8.0 akan tetapi smartwatch ini memiliki Find My Device yang bisa digunakan untuk melacak lokasi smartphone Pixel, earbuds, atau perangkat lain yang hilang.

Melansir dari Livemint Google Pixel Watch yang dibanderol 349.99 dolar AS atau 5,3 juta rupiah, dengan kurs Rp 15.305 akan hadir dengan tiga pilihan warna yaitu Black atau Obsidian, Gold atau Hazel, dan Silver atau Chalk.