POROSKOTA.COM, JAKARTA – Tim Nasional (Timnas) Wushu Indonesia sukses meraih 5 emas dan 3 perak pada ajang World University Combat Games 2022 di Turki, 21-26 September 2022.

Namun, dan kawan-kawan diingatkan tidak cepat puas dan diminta terus meningkatkan prestasinya dalam upaya persiapan menghadapi SEA Games 2023 Kamboja dan Asian Games 2022 Hangzhou yang digelar pada tahun 2023.

Pernyataan itu diungkapkan Sekjen Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI), saat menyambut kedatangan Tim Nasional (Timnas) Wushu Indonesia di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, Rabu (28/9/2022) malam.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

“Jangan pernah puas dengan hasil yang dicapai di . Karena, rasa puas itu akan membuat lengah. Terus tingkatkan prestasi untuk bisa mencapai hasil maksimal dalam menghadapi persaingan ketat di SEA Games 2023 Kamboja dan Asian Games 2022 Hangzhou yang digelar tahun 2023,” imbuh Ngatino.

Cabang olahraga (cabor) wushu termasuk dalam cabor unggulan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) yang diharapkan mampu meraih prestasi di kancah dunia. Makanya, PB WI yang dipimpin Airlangga Hartarto terus melakukan pembinaan secara berjenjang dan berkesinambungan.

“Edgar dan kawan-kawan hanya istirahat sehari saja. Mereka kembali bergabung ke pelatnas wushu Indonesia dalam menjalankan program latihan,” kata Ngatino.

Peraih medali emas, Edgar mengaku penampilannya di ajang World University Sport Combat Games 2022 bukan hanya mengejar prestasi tetapi juga melihat peta kekuatan lawan yang akan dihadapi di SEA Games 2023 Kamboja maupun Asian Games 2022 Hangzhou. “Di World University Sport Combat Games 2022 itu saya bisa melihat kemampuan lawan yang akan dihadapi di SEA Games 2023 Kamboja dan Asian Games 2022 Hangzhou,” kata Edgar yang merupakan juara dunia. Sementara itu, Wakil Berdahara Umum PB WI, Gunawan Tjokro menyampaikan ucapan selamat kepada Edgar Xavier dan kawan-kawan yang telah melampuai target medali pada ajang World University Sport Combat Games 2022. Dan, dia juga menyebutkan PB WI menyiapkan uang tali asih sebagai bentuk penghargaan atas prestasi yang telah dicapai. Gunawan Tjokro yang juga Direktur Eksekutif Kejuaraan Dunia Wushu Junior 2022 mengatakan, prestasi yang dicapai diharapkan bisa menjadi motivasi bagi atlet junior Indonesia yang akan tampil di Kejuaraan Dunua Wushu Junior 2022. Dia juga meminta meminta Edgar dan kawan-kawan ikut memberikan motivasi bagi atlet junior yang tergabung dalam Timnas Wushu Junior Indonesia agar bisa mencapai target 4 medali emas pada Kejuaraan Dunia Wushu Junior di ICE Bumi Serpong Damai Tangerang, Banten, 2-11 Desember 2022 mendatang. “Peran Edgar dan kawan-kawan sangat dibutuhkan untuk memberikan masukan dan motivasi atlet-atlet yang tergabung dalam Tim Wushu Junior Indonesia agar bisa memenuhi target,” tandasnya. Tim Wushu Indonesia merebut 5 emas dan 3 perak pada World University Sport Combat Games 2022. Medali emas disumbangkan Alisyah Mellynar, Edgard Xavier Marvelo dan Seraf Naro (Taolu), Laksamana Pandu Pratama dan Tharisa (Sanda). Sedangkan medali perak disumbangkan Eugina Diva Widodo, Nandhira Mauriska (Taolu), dan Thania (Sanda). Hadi dalam penjemputan Timnas Wushu Indonesia itu Wakil Ketua Umum PB WI, Setyo Wasisto, Wakil Bendahara Umum PB WI, Gunawan Tjokro, Kabid Luar Negeri PB WI, Karan Sukarno Walia.