POROSKOTA.COM, MARANELLO – SpA meluncurkan empat pintu pertama yang pernah diproduksi produsen mobil legendaris asal Italia ini.

Mobil, yang diberi nama , dirilis pada Rabu (14/9/2022) lalu. Purosangue memiliki kap panjang yang menampung mesin bensin, dan satu area besar di belakang yang menampung kursi untuk empat orang.

Melansir dari CNN, meski mobil ini terlihat seperti Sport Utility Vehicle (SUV) crossover, Ferrari enggan menyebut Purosangue sebagai SUV, dengan membandingkan keunggulan mobil ini dengan SUV biasa.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Purosangue yang berarti “berdarah murni” dalam bahasa Italia, memiliki mesin V12 yang dapat memproduksi 715 tenaga kuda dengan torsi 528 pound-feet.

Mesin ini diletakan sedikit jauh di belakang roda depan, yang membedakannya dengan kendaraan serupa, untuk menciptakan “keseimbangan berat yang lebih baik”, menurut Ferrari.

Ferrari telah membuat mobil empat kursi sebelumnya, namun dengan dua pintu dan kursi belakang kurang cocok digunakan untuk perjalanan jauh.

Purosangue memiliki empat kursi yang dapat disesuaikan dan dilengkapi dengan penghangat kursi elektrik.

Atap kaca full-length khusus yang gelap akan ditawarkan ke pengguna sebagai opsi, dan terdapat layar bagi penumpang di bagian depan “yang menyediakan semua informasi yang diperlukan untuk membantu mereka berpartisipasi dalam pengalaman berkendara,” kata Ferrari.

Mobil ini juga memiliki cup holder yang terbuat dari kaca. “Sistem suspensi aktif” akan membantu menjaga body mobil tetap terkendali saat menikung dengan cepat dan keras.

Atapnya terbuat dari serat karbon untuk mengurangi bobot di bagian atas kendaraan. Sementara sebagian besar bagian bawah body mobil terbuat dari alumunium.

Meskipun ketinggian kendaraan relatif tinggi (untuk Ferrari), namun kursinya dipasang dekat dengan lantai mobil untuk membantu penumpang mempertahankan “pengalaman berkendara di mobil yang rendah”, ujar perusahaan itu.

Tidak seperti kebanyakan kendaraan sejenisnya, Purosangue tidak memiliki wiper kaca belakang, melainkan mengandalkan aliran udara untuk menjaga kaca belakang tetap bersih. Lampu depan mobil juga memiliki saluran masuk udara di bagian atas dan bawahnya.

Mobil ini juga dibekali dengan berbagai fitur seperti sistem audio tiga dimensi Burmester, pemurni udara, opsi massage seat, Apple CarPlay dan Android Auto standar.

Ferrari mengatakan Purosangue dapat berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 3,3 detik dan dapat melaju hingga 310 km/jam.

Hampir semua merek mobil mewah lainnya seperti Lamborghini hingga Aston Martin kini menawarkan SUV crossover, walaupun Ferrari tidak menyebut mobil ini sebagai SUV.

Jenis kendaraan ini dianggap penting untuk bersaing di industri , terutama di pasar , di mana mobil sport tidak terlalu populer di negara tersebut.

Purosangue pertama akan meluncur di Amerika Serikat pada akhir tahun 2023, menurut Ferrari. Harga mobil ini akan dibanderol mulai dari 400 ribu dolar AS.