POROSKOTA.COM, JAKARTA- mencatat, terdapat lonjakan drastis misterius pada anak selama dua bulan terakhir.

Terhitung sepanjang tahun ini, ada 100 kasus lebih gangguan ginjal misterius pada anak.

“Dua bulan terakhir ini meningkat. Indonesia itu cukup banyak ya mungkin ada sekitar 100 lebih dalam satu tahun dari Januari lebih banyak daripada yang kita biasa temukan,” ujar Konsultan Nefrologi, Henny Adriani Puspitasari dalam talkshow di Youtube IDAI, Senin (10/10/2022).

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Dokter Henny menyatakan, sampai saat ini, pihaknya masih belum bisa memastikan penyebab penyakit tersebut.

IDAI terus berproses fenomena ini.

“Istilah yang kita gunakan adalah gangguan ginjal akut progresif artifical untuk kasus ini, karena tadi ya cepat sekali dan tidak biasa. Penyebabnya sampai saat ini kita masih belum diketahui. Kita masih mempelajari apa penyebabnya dan bagaimana prosesnya apa hal yang tidak biasa yang kita temukan pada anak-anak ini,” jelas perempuan berhijab ini.

Dokter Henny memaparkan, adapun yang yang paling terlihat dari penyakit ini adalah selalu dimulai dari jumlah kencing yang menurun drastis dan tiba-tiba.

Kemudian tidak keluar kencingnya sama sekali.

“Tapi yang menarik dari gangguan ginjal akut ini adalah perjalanan penyakitnya bahwa kita melihat bahwa perjalanan penyakitnya itu cepat kemudian terjadinya gangguan ginjal akut itu mendadak,” kata dia. Kemudian juga terjadi perburukannya yang begitu cepat.

“Itu yang membuat kami sebagai dokter anak terutama yang bergerak di bidang ginjal itu menjadi suatu hal yang dalam itu tidak biasanya,” jelas dokter Henny.