POROSKOTA.COM, JAKARTA – Ada begitu banyak alasan mengapa jutaan orang di seluruh dunia senang melakukan , baik demi mengikuti turnamen maupun berlari bermil-mil hanya untuk bersenang-senang.

Namun di luar itu semua, berlari baik untuk tubuh serta pikiran anda, dan itu hanya membutuhkan sedikit peralatan saja.

Persiapan mendasar yang anda perlukan hanyalah sepasang sepatu lari yang nyaman dan kemauan untuk memulai.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Berlari mungkin tampak sangat sederhana, sehingga persiapan untuk memulai rutinitas ini pun mungkin terdengar konyol.

Namun dengan mempelajari beberapa hal mendasar tentang olahraga, seperti berbagai jenis lari dan berbagai pilihan peralatan, anda dapat meningkatkan kepuasan dan membuat latihan anda menjadi lebih efektif.

Lalu apa saja manfaat olahraga lari?

Dikutip dari laman www.verywellfit.com, Minggu (30/10/2022), mayoritas orang yang berlari secara santai melakukannya untuk fisik, sosial dan mental mereka.

Berlari merupakan salah satu cara paling efektif untuk membangun daya tahan kardiovaskular.

Jika anda berlari di luar ruangan (outdoor), maka anda akan mendapatkan manfaat dari paparan alam yang dapat mengurangi stres, menghilangkan kecemasan dan meningkatkan suasana hati anda.

Berlari juga memiliki entry bar yang rendah, anda tidak memerlukan peralatan mewah, relatif murah, dan dapat melakukannya nyaris di mana saja.

Ini juga merupakan aktivitas yang mencakup usia, tidak ada kata terlambat untuk mulai berlari.

Banyak orang yang telah melakukan olahraga ini pada usia 50-an, 60-an bahkan 70-an tahun.

Namun jika anda berasal dari kalangan muda, rutinitas harian yang padat tentunya akan membuat anda sulit untuk meluangkan waktu dalam berolahraga.

Padahal, anda harus meluangkan waktu untuk tetap aktif secara fisik demi menjaga tubuh agar tetap bugar dan sehat.

Nah, melakukan latihan kardio merupakan hal yang sangat penting, salah satu cara mudah untuk menambahkan latihan kardio yang efektif ke rutinitas anda adalah dengan berolahraga lari.

Vice President Worldwide Sports Performance and Fitness Herbalife Nutrition, mengatakan bahwa olahraga lari merupakan olahraga sederhana yang dapat dilakukan siapapun, kapanpun dan tanpa menggunakan peralatan khusus.

“Saya merupakan penggemar olahraga lari, olahraga lari sebenarnya tidak perlu peralatan khusus dan bisa dilakukan oleh siapapun. Mulailah secara bertahap dari berjalan hingga dapat meningkatkan kecepatan yang nyaman sesuai langkah kaki,” kata Samantha, dalam keterangannya, Sabtu (29/10/2022).

Menjelang bertajuk ‘Herbalife Nutrition Virtual Run 2022’ yang akan dimulai pada 1 hingga 30 November 2022, berikut adalah beberapa tips sederhana yang dapat anda ikuti untuk mempersiapkan dan membantu anda dalam mencapai tujuan lari yakni kebugaran tubuh.

1. Peralatan lari

Olahraga lari sebenarnya tidak memerlukan banyak peralatan, meskipun ada beberapa alat penting yang akan membuat momen olahraga anda terasa lebih menyenangkan, seperti sepatu lari yang nyaman, kaus kaki hingga pakaian olahraga yang nyaman.

2. Ketahui kondisi tubuh anda

Jika anda tidak merasa siap untuk berlari, mulailah dengan berjalan.

Setelah itu, cobalah untuk bergantian antara lari dan berjalan, tujuannya adalah untuk menemukan kecepatan yang nyaman dan berkelanjutan sehingga aktivitas olahraga lari anda akan terasa menyenangkan.

Ingatlah untuk berhenti jika mengalami rasa sakit, selalu lakukan pemanasan dan pendinginan untuk memastikan tubuh siap untuk berolahraga.

3. Menyesuaikan waktu, bukan jarak

Selama beberapa minggu pertama berlari, fokuslah pada jumlah waktu yang anda habiskan untuk berlari, berjalan atau jogging, jangan terlalu untuk memikirkan berapa jarak yang ditempuh.

Tetapkan tujuan 20 hingga 30 menit, setelah berhasil berlari selama durasi tersebut, anda bisa meningkatkan waktu.

Karena jika melihat jarak dalam beberapa minggu pertama, tentunya dapat mengecewakan.

Setelah anda berhasil menyelesaikan 45 menit dengan kecepatan yang diinginkan, mulai petakan berapa mil dan terus tingkatkan jarak yang akah ditempuh.

4. Pahami fase anda

Jangan hanya berlari dan mengumpulkan bermil-mil, sebaliknya, ketahuilah bahwa anda perlu membentuk level dasar aerobik dengan mulai berlatih pada intensitas sekitar level 5 atau 6 dari intensitas maksimum level 10.

Ini karena ‘pelatihan kondisi stabil’ secara efektif mengajarkan tubuh anda untuk membakar lemak sebagai .

Tentunya ini akan menjadi penting saat anda mulai meningkatkan jarak dan melatih kecepatan anda nanti dalam pelatihan.

5. Pelatihan silang

Untuk menjadi pelari yang efisien, anda disarankan untuk tidak hanya berlatih lari secara terus menerus.

Namun, menambahkan latihan silang seperti bersepeda, renang atau latihan beban pada rutinitas mingguan anda.

Ini akan membantu anda menjadi bugar dan menghindari rasa bosan dalam berolahraga.

6. Memperhatikan teknik berlari

Ada beberapa teknik yang perlu anda perhatikan saat berlari, mulai dari penempatan kaki yang harus anda pastikan menyentuh tanah diantara kaki tengah dan depan.

Kemudian gerakan lengan yang harus tetap santai saat diayunkan, lalu anda harus memastikan menjaga inti tubuh yang kuat.

Jika anda menerapkan teknik tersebut secara nyaman, tenti anda tidak akan kewalahan.

Bahkan setelah beberapa minggu, anda akan meningkatkan gaya berlari anda.

7. Menambah rute dengan tanjakan

Tambahkan beberapa rute atau medan yang bervariasi ke dalam program anda.

Berlari ke atas bukit adalah cara yang bagus untuk membangun kekuatan, karena dianggap sebagai angkat beban berlari.

Otot rantai posterior, termasuk paha belakang, glutes dan betis harus bekerja lebih keras saat anda berlari ke atas bukit.

8. Istirahat

Anda harus menjadwalkan hari istirahat ke dalam program olahraga anda untuk memungkinkan otot beradaptasi dengan beban kerja yang meningkat dan memperbaiki diri secara efisien.

Satu hingga dua hari istirahat per minggu sangat penting untuk mendapatkan kinerja yang hebat.