PorosKota.com, JAKARTA – Wuling Motor Indonesia resmi membuka pemesanan ke konsumen untuk pertamanya, .

Pekan ini Wuling mengundang media untuk mengeksplor di Wuling Center, Jakarta Selatan.

Saat melihat tampilan eksterior, Air ev di desain bergaya future tech, mencerminkan gaya masa depan yang modern.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Fascia depan dilengkapi lampu LED segaris, memanjang di bagian layaknya grill. Lampu bagian belakang juga serupa dan tulisan Wuling memanjang dari kiri ke kanan.

Wuling menempatkan panel charger pada bagian depan, dimana colokan tersebut berada di dalam logo Wuling, sehingga lebih memudahkan mengakses charging station.

Wuling akan menawarkan lima pilihan warna ke konsumen, yakni peach pink, pristine white, galaxy blue, avocado green dan lemon yellow, yang membuatnya semakin terlihat ceria.

Masuk ke bagian interior, yang paling pertama dirasakan ialah kesan modern dan kabin yang lapang.

Menonjolkan kesan teknologi terkini, Wuling mengambil konsep Intelligent Tech Dashboard, dimana menghadirkan Integrated Floating Wide Screen, terdiri head unit berdimensi 10,25 inci serta meter cluster berukuran 10,25 inci.

Pada bagian dashboard ini, terdapat pula Multifunction Steering Wheel dengan logo Wuling berwarna silver yang dilengkapi tombol pengoperasian audio dan pengaturan menu.

Head unit dan meter cluster didesain untuk menonjolkan kehadiran layar yang luas pada bagian dashboard ini.

Tidak hanya itu, entertainment system pada head unit juga sudah dilengkapi dengan konektivitas internet, sehingga pengguna bisa mengakses beragam hiburan yang menjadikan perjalanan semakin menyenangkan.

Kemudian, bagian kabin Wuling Air ev mengedepankan nuansa kenyamanan dengan desain panel minimalis pada door trim serta konfigurasi 4-seater yang lega dengan pengaturan 50:50 pada bangku baris kedua untuk memberikan akses lebih.

Aspek kenyamanannya juga ditunjang dengan aplikasi Synthetic Leather Seat di seluruh bangku. Terdapat pula cup holder yang terletak persis di depan kisi-kisi AC yang menjaga suhu dingin minuman penumpang di perjalanan.

Air ev dilengkapi dengan beberapa kompartemen yang bisa dimanfaatkan oleh penumpang untuk penyimpanan barang bawaan.

Implementasi konsep modern dan futuristik juga tertuang dalam tampilan konsol tengah pada Wuling Air ev.

Pada bagian ini, Rotary Gear Selector hadir sebagai pengoperasi transmisi dengan knop putar futuristik yang dihiasi chrome ring dan pola unik di sekelilingnya.

Selain itu, konsol tengah kendaraan ini juga turut dilengkapi dengan tombol pengoperasian jendela elektrik, Electric Parking Brake dan Auto-Vehicle Holding.

Dilihat dari segi desain, keunggulan teknologi dan yang pasti ramah lingkungan, rasanya mobil ini akan cocok sekali untuk mendukung mobilitas perkotaan.

Dipasarkan dalam 2 Varian

Wuling Air EV dipasarkan dalam dua varian, yakni versi standar dengan jarak tempuh 200 km sekali cas baterai, dengan estimasi harga mulai Rp 250 juta dan versi long range dengan jarak tempuh 300 km sekali cas baterai dengan estimasi harga Rp 300 juta, untuk DKI Jakarta.

Executive Vice President (EVP) of Digital Product and Automotive Category Blibli Lay Ridwan Gautama, mengatakan pihaknya menyambut baik kerjasama dengan Wuling untuk memasarkan ini.

“Para penggemar berkesempatan memiliki Wuling Air ev dengan penawaran spesial melalui sesi pre-booking yang dimulai hari ini, 11 Juli 2022, eksklusif via aplikasi dan situs resmi Blibli,” tutur Lay, Senin (11/7/2022).

Dia mengatakan, ke depan, Blibli berkomitmen terus memberdayakan strategi omnichannel yang mendorong penguatan ekosistem ramah lingkungan melalui peran digitalisasi.

Fitur WIND dan IoV

Wuling Air EV dilengkapi fitur perintah suara dalam bahasa Indonesia, Wuling WIND, yang sebelumnya sudah disematkan di Wuling Almaz dan Wuling Cortez.

Mobil ini juga sudah dilengkapi fitur Internet of Vehicle (IoV) yang sebelumnya juga disematkan di Almaz dan Cortez.

Product Planning Wuling Motors Danang Wiratmoko mengatakan, Wuling Air EV akan menjadi mobil listtrik Wuling pertama di Indonesia yang memiliki fitur IoV. “Detilnya silakan ditunggu lagi,” ujarnya.

Mobil ini menggunakan sistem gerak roda belakang, di bagian floor panelnya, energi listriknya disalurkan ke roda penggerak di axle belakang.

Soal suspensinya, Danang menyatakan sudah disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan harian di Indonesia.

Begitu juga dengan rigidity mobil ini sudah disesuaikan dengan berat totalnya.

Mobil ini juga sudah dilengkapi 2 airbag untuk perlindungan pasif. Meski dimensi kompak, tapi menggunakan baja presisi tinggi high tensile steel.

Danang menyebutkan, Wuling Air EV sangat memungkinkan dicas di rumah alias home charging untuk pengisian ulang daya baterainya dan dirancang agar penggunanya tidak perlu pusing mencari lokasi pengisian ulang di luar rumah.

Pengecasan baterainya bisa menggunakan arus listrik 220 VA dan bisa digunakan dengan daya yang tidak terlalu besar, dengan durasi pengisian yang masih sangat masuk akal jika konsumen menggunakan home charging.

“Kita sediakan portable charging tipe AC yang bisa langsung dicolokkan ke listrik di rumah. Kita juga akan berikan beberapa pilihan alat charging yang bersifat optional equipment yang bisa dipilih konsumen,” kata dia.