POROSKOTA.COM, JAKARTA – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (), distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso di Indonesia bekerja sama dengan perusahaan transportasi logistik terbesar di Indonesia yaitu () memulai Proof of Concept (POC) truk listrik ringan eCanter di Jakarta.

B-Log akan menguji eCanter ke dalam aktivitas logistik harian di rute operasional harian mereka di Tangerang dan Balaraja.

Uji coba di Jakarta ini melanjutkan uji coba pertama yang dilaksanakan di Denpasar, Bali, yang telah berhasil diselesaikan pada Agustus 2022.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

General Manager Product Strategy PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors Bayu Aprizal, mengatakan pihaknya mengapresiasi kerja sama mitra dalam PoC. Melalui mereka, KTB dapat memperoleh keyakinan bahwa eCanter dapat diterapkan dalam operasional sehari-hari di Indonesia.

“Tentu masih banyak hal yang harus kami pertimbangkan, tetapi saya bangga bahwa kegunaannya yang luar biasa melampaui ekspektasi awal mereka,” tutur Bayu dalam keterangan resmi.

Melalui PoC berikutnya, KTB bermaksud untuk mendapatkan masukan lebih lanjut dari konsumen.

Sampai hari ini, begitu banyak konsumen yang menunjukkan minat mereka pada potensi kolaborasi dengan KTB dalam PoC ini, untuk menemukan cara untuk berkontribusi pada karbon netral.

“KTB percaya bahwa opini pelanggan yang beragam dan apa adanya ​​akan menjadikan eCanter sebagai truk EV terbaik di Indonesia,” imbuhnya.

Sementara itu, B-Log sendiri sangat bersemangat untuk mengeksplorasi teknologi canggih ini dan mengimplementasikannya ke dalam aktivitas distribusi yang sesungguhnya untuk berkontribusi pada agenda penting Pemerintah, karbon netral.

Pemerintah Indonesia kini berfokus pada inisiatif keberlanjutan sebagai pilar utama strategi pembangunan nasionalnya.

Fuso mengikuti minat Indonesia dalam pengurangan emisi ini, industri lokal juga menjajaki kemungkinan untuk mengintegrasikan ke dalam operasi mereka.

Sementara uji coba dengan konsumen memungkinkan KTB dan MFTBC untuk mendapatkan wawasan tentang kebutuhan konsumen dan tantangan potensial, PoC juga menjadi kesempatan bagi operator dan pengemudi truk untuk mempelajari teknologi baru, yang akan segera hadir di Indonesia.