POROSKOTA.COM, JAKARTA – Pandemi virus corona (Covid-19) yang telah berlangsung selama lebih dari 2 tahun membuat kaum hawa semakin concern terhadap kesehatannya, termasuk kesehatan kulitnya.

Mereka pun kini mulai rutin melakukan perawatan diri (selfcare) dengan berbagai macam produk prerawatan kulit () yang memiliki kandungan beragam.

Nah, diantara mereka tentunya ada yang cenderung memiliki jenis .

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Sehingga tidak jarang, pemakaian produk skincare yang salah pun dapat memicu timbulnya masalah kulit seperti iritasi.

Perlu diketahui, kulit sensitif tidak hanya terjadi karena faktor keturunan (genetik) saja, namun juga dapat dipicu faktor , seperti stress, perubahan hormon, hingga dermatitis kontak.

Dikutip dari NPURE, Selasa (20/9/2022), ciri orang yang memiliki kulit sensitif diantaranya mengalami reaksi kulit saat menggunakan produk skincare tertentu, terkena iritasi saat terpapar sinar matahari, atau gatal dan kemerahan saat bergantinya musim.

“Gejala kulit sensitif yakni gatal-gatal, ruam, kulit kering, berkerak, bintik-bintik, rasa perih, atau muncul sensasi kulit terbakar hingga mengelupas. Penderita kulit sensitif harus memilih produk dan kecantikan secara hati-hati agar gejala tersebut tidak kambuh,” kata Pakar Kecantikan asal Amerika Serikat (AS), Susan Bernstein dalam bukunya ‘Sensitive Skin Care: Do I Really Need Different Products?’.

Nah, kamu bisa melakukan tes produk kulit yakni dengan mengoleskan sedikit produk pada bagian kulit belakang telinga, punggung telapak tangan, atau bagian dalam siku.

“Tunggu 24 jam dan lihat apakah muncul alergi atau tidak. Bila iya, sebaiknya jangan lanjutkan pemakaian produk skin care atau kosmetik itu di kulit wajah,” jelas Susan.

Jika kamu merupakan salah satu orang dengan kulit sensitif dan terindikasi punya ciri-ciri tersebut, maka sebaiknya kamu menggunakan skincare dengan bahan yang aman.

Lalu apa saja bahan aman yang terkandung dalam skincare?

Lidah Buaya

Pelembab, serum dan toner untuk kulit sensitif tentunya akan lebih aman jika mengandung lidah buaya.

Bahan ini terbukti mampu membuat rileks kulit sensitif, termasuk kulit yang sedang mengalami iritasi.

Gel yang terkandung dalam lidah buaya mengandung 98 persen air yang dapat melembabkan kulit secara maksimal.

Kemudian kandungan polisakarida dan giberelin pada lidah buaya dapat berfungsi sebagai anti bakteri.

Madu

Madu saat ini mulai digunakan sebagai bahan baku untuk berbagai produk skincare, karena memiliki berbagai manfaat untuk tubuh dan kulit.

Bahan alami satu ini memiliki sifat antibakteri yang dapat membunuh kuman penyebab jerawat dan peradangan.

Tidak hanya itu, madu juga aktif melembabkan dan menjadikan kulit lebih halus dan lembut.

Centella Asiatica

Apakah kamu tahu daun pegagan?, tanaman ini mudah tumbuh liar di area kebun dan saat ini sudah banyak skincare yang memiliki kandungan ekstrak centella asiatica.

Ekstrak daun pegagan ini mampu menenangkan dan menghaluskan kulit.

Bahkan kulit iritasi juga bisa diatasi dengan skincare yang mengandung bahan ini.

Lecithin

Lecithin adalah bahan skincare yang bersumber dari ekstrak biji bunga matahari.

Selain mampu melembabkan kulit, lecithin juga dapat menghaluskan dan melembutkan kulit yang kasar.

Tidak hanya itu, Lecithin juga dapat mengunci kelembaban kulit lebih lama, sehingga dapat membuat proses regenerasi kulit berlangsung secara lebih maksimal.

Chamomile

Kandungan chamomile punya peran anti bakteri dan anti inflamasi, serta dapat membuat kulit menjadi rileks, termasuk saat kulit mengalami kemerahan.

Hyaluronic Acid

Hyaluronic acid biasanya terdapat pada jenis skincare toner, serum, moisturizer dan essence.

Skincare yang mengandung bahan ini dapat menjaga kelembaban kulit dengan baik.

Hyaluronic acid atau asam hyaluronic sangat friendly untuk kulit sensitif, sudah banyak skincare yang dikhususkan untuk kulit sensitif mengandung bahan ini.

Minyak Biji Ketimun

Minyak biji ketimun adalah bagian dari bahan skincare yang juga dapat menenangkan kulit.

Kandungannya mampu mengunci kelembaban kulit lebih lama dan mencegahnya dari dehidrasi.

Bahan ini mampu meredakan peradangan kulit secara cepat, dengan kandungan lebih dari 70 persen air, minyak esensial ini juga mampu berperan sebagai pelembab alami untuk menghidrasi kulit lebih optimal.

Green Tea

Green tea memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan kulit, yakni bekerja secara efektif dalam mencegah tanda penuaan dini pada kulit.

Bahkan kandungan bahan satu ini juga dapat melembabkan kulit dengan baik.

Nah, itulah deretan bahan skincare yang aman untuk kamu yang memiliki kulit sensitif.

Sebelum menggunakan produk skincare, jangan lupa untuk melakukan konsultasi dengan dokter kecantikan dan mengecek bahan-bahan yang terkandung dalam produk pilihan kamu ya.