POROSKOTA.COM, JAKARTA – Menko Perekonomian dan Ketua MPR RI sekaligus Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) resmi membuka gelaran pameran kompetisi modifikasi OLX Autos Indonesia Modification & Lifestyle Expo (OLX Autos ) di Hall A JCC Senayan, Jakarta, Sabtu 1 Oktober 2022.

Event yang berlangsung selama dua hari hingga Minggu esok ini menjadi barometer industri modifikasi dan aftermarket Tanah Air.

Dalam sambutannya, Menko Perekonomian Airlangga mengatakan, industri modifikasi selama ini ikut berkontribusi besar dalam perkembangan industri di Tanah Air.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Karena itu pemerintah berkepentingan terus mendorong agar industri modifikasi semakin berjaya di negeri sendiri.

Airlangga mengaku diutus oleh Presiden Jokowi untuk menghadiri dan membuka pameran ini mewakili Presiden.

“Kita ingin mendorong nilai tambah industri otomotif, dan akan terus meningkat. Para modifikator-modifikator ini juga memiliki pasar, selain di dalam negeri juga di luar negeri,” ujar Airlangga.

“Belum lama ini saya lihat dari data OLX Autos sudah mampu menjual lebih dari 20 ribu unit bekas dalam satu bulan. Angka ini terbilang fantastis dengan estimasi total transaksi 4 triliun dalam satu bulan,” kata Airlangga.

Dalam upaya mendorong nilai tambah dari industri otomotif khususnya modifikasi. Ia berharap gelaran OLX Autos IMX 2022 yang menjadi medium berkreasi para modifikator bisa mulai meningkatkan produksi, kualitas dan penjualan secara ekspor.

“Sejujurnya SDM Indonesia punya kekuatan dalam hal craftsmanship, hal ini juga termasuk keterampilan tangan dan kemampuan untuk tanggap terhadap teknologi modern,” ujarnya.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menantang agar para modifikator Tanah Air membuat modifikasi kendaraan bermesin konvensional menjadi .

“Saya menantang agar tema modifikasi ke depan adalah dari kendaraan kovensional ke listrik. Saya berikan tantangan ini kepada Andre Taulany dan kawan-kawan agar tema modifikasi ke depan ke mobil konvensional ke ,” ujar Bambang Soesatyo.

Konversi ini bisa menghemat pengeluaran APBN yang saat ini ngos-ngosan karena membiayai subsidi BBM,” ujarnya.

Pembukaan pameran ini juga dihadiri Menteri Perdagangan Agus Gumiwang Kartasasmita dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. Sandiaga memberikan sambutan singkat melalui streaming.

Sandiaga Uno sangat mengapresiasi gelaran event ini karena memiliki banyak sekali kolaborasi demi membangun percepatan bisnis dan ekonomi dari para pelakunya.

Dia juga berharap OLX Autos IMX 2022 bisa terus hadir demi membangun industri modifikasi dan aftermarket tanah air yang saat ini masuk ke fase pemulihan setelah 2 tahun mengalami pandemi.

OLX Autos IMX 2022 mengusung tema ‘The Indonesian Kalcer.’ “Saat ini kolaborasi di ranah industri kreatif semakin terbuka lebar. Hal ini sangat memungkinkan untuk dapat berkontribusi mendorong pertumbuhan kreativitas, ekonomi, dan bisnis serta menghasilkan ekosistem yang sehat,” ucap Andre Mulyadi, IMX Project Director.

Event ini menghadirkan berbagai program unggulan seperti Black Stone Live Modz Challenge 2022, NMAA Top 50, Overseas Talkshow, peluncuran produk aftermarket dan lifestyle, Belanja produk aftermarket dan lifestyle, hingga Supergiveaway Subaru Forester dan Toyota Innova 2KD.