POROSKOTA.COM, CALIFORNIA – Raksasa teknologi Corporation meluncurkan sederhana yang diberi nama , Rabu (12/10/2022) kemarin.

“Layanan Designer akan tersedia secara gratis dan sebagai bagian dari “langganan perangkat lunak produktivitas Office,” sebut Microsoft dalam pernyataannya.

Designer digadang-gadang sebagai saingan dari Canva, aplikasi desain yang memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Canva yang berbasis di Australia ini memiliki nilai valuasi senilai 40 miliar dolar AS pada tahun 2021.dan menjadi salah satu dari lima startup paling bernilai di dunia

Juru bicara Microsoft mengungkapkan, aplikasi Designer dapat digunakan oleh pekerja di perusahaan, lembaga pemerintah dan sekolah.

“Pada awalnya (Designer) membidik konsumen. Tetapi aplikasi ini juga terbukti bermanfaat bagi pekerja di dalam perusahaan, lembaga pemerintah, dan sekolah, di mana Microsoft memiliki basis pengguna yang lebih besar. Microsoft dapat memperluas Designer ke pasar tambahan, termasuk perusahaan, jika dirasa cukup menarik,” kata juru bicara tersebut, yang dikutip dari CNBC.

Selain Canva, peluncuran Designer kemungkinan akan membuat Microsoft berhadapan dengan Adobe Express, platform desain berbasis situs web dan aplikasi mobile milik Adobe.

Namun Microsoft memiliki kemitraan yang erat dengan Adobe, dan kedua perusahaan ini memiliki lebih dari 30 integrasi produk.

“Adobe tetap menjadi mitra strategis utama kami dalam skala besar dan aplikasi desain konsumen baru ini tidak mengubah keterlibatan kami dengan Adobe dengan cara apa pun,” kata juru bicara Microsoft.

Designer dapat secara otomatis menampilkan desain visual ketika penggunanya “memasukan teks”, berkat integrasi dengan perangkat lunak kecerdasan buatan DALL-E 2 dari startup OpenAI yang didukung Microsoft.

Sekarang, orang-orang dapat bergabung ke dalam daftar tunggu untuk preview gratis Designer secara online.

Setelah aplikasi itu tersedia secara umum, Microsoft akan mempertahankan Designer agar dapat digunakan secara gratis, serta menyediakan versi premium bagi mereka yang berlangganan Microsoft 365 Personal dan Microsoft 356 Family, tambah juru bicara Microsoft.