POROSKOTA.COM, JAKARTA – sebagai olahraga yang memiliki nilai valuasi tinggi sebagai sebuah industri, diharapkan dapat menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia.

Salah satunya melalui ajang Piala Presiden Esports 2022 yang memberi ruang bagi para pengembang (developer) game lokal untuk turut dipertandingkan dan lebih dikenal oleh pasar nasional.

Hal ini mengemuka dalam acara Media Talk Piala Presiden Esports 2022 Momentum Dorong Pertumbuhan Ekonomi Digital, yang digelar secara daring pada Selasa (25/10). Turut bergabung para narasumber yaitu Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Kemenparekraf RI , M.Sc, Staf Khusus Kesekjenan , , CEO ‘Battle of Guardians’ Alexander Andrew Halim, Senior Vice President BCA , dan Wakil Ketua Penyelenggara Piala Presiden Esports 2022 Matthew Airlangga.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Staf Khusus Kesekjenan PB Esports Indonesia (PBESI), Debora Imanuella, memahami bahwa di Indonesia tren gaming dan esports begitu besar.

Sebagai salah satu komoditi yang diunggulkan, tak heran kalau akhirnya pemerintah mulai memperhatikan industri ini untuk terus dikembangkan agar nantinya bisa membuka banyak peluang untuk memajukan pertumbuhan ekonomi digital.

“Di PBESI ini kami sadar betul bahwa para gamer di Indonesia begitu masif. Hal ini yang bikin PBESI gencar untuk menyadarkan masyarakat bahwa di industri ini ada banyak peluang jenjang karier. Dari sini PBESI ingin memberikan kontribusi dalam perkembangan ekonomi digital dengan membuat akademi Garudaku, mendukung jalannya Piala Presiden Esports 2022, sampai membuka banyak kesempatan sebagai pilihan karier,” jelas Debora Imanuella.

Berdasarkan data pada tahun 2021, pendapatan industri game di Indonesia mencapai 2,08 miliar dolar AS atau setara Rp30 triliun. Angka ini melonjak dari tahun 2020, tepatnya ketika pendapatan industri game di Indonesia mencapai USD 1,1 miliar atau setara Rp15,7 triliun.

Produk Domestik Bruto (PDB) dari sektor ekonomi kreatif Indonesia tahun 2021 pun bisa dibilang memberikan sumbangan cukup baik dalam perkembangan ekonomi secara nasional. Tepatnya tumbuh tumbuh sebesar 4,04 persen. Dari proyeksi tim kajian Kemenparekraf pada 2021, nilai PDB subsektor aplikasi dan game naik 9,17 persen, dengan proyeksi (nilai) mencapai Rp31,25 triliun.

Muhammad Neil El Himam, M.Sc, selaku Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Kemenparekraf RI memberikan pendapat soal bagaimana industri game mampu mendorong perekonomian Indonesia.

“Kekayaan intelektual termasuk game lokal merupakan salah satu elemen penting dalam perekonomian Indonesia saat ini. Namun dengan pasar segitu besar, kita masih didominasi oleh publisher asing. Tapi ada fenomena menarik di sini, beberapa game lokal sudah merambah ke film. Ekspansi ini yang sangat potensial untuk mengembangkan ekonomi digital Tanah Air,” tutur Neil.

Dari sisi developer game lokal, Alexander Andrew Halim selaku CEO Battle of Guardian mengakui bahwa banyak hambatan untuk memasarkan game anak bangsa. Semua harus dilakukan dengan menjaring komunitas sebagai langkah awal pemasaran. Battle of Guardian menjadi salah satu game asli buatan anak bangsa yang turut dipertandingkan di Piala Presiden Esports 2022.

Dengan adanya Piala Presiden Esports 2022, Andrew merasa bahwa turnamen ini merupakan sebuah wadah yang tepat bagi para developer game lokal untuk ‘pamer’ game buatan mereka.

Seperti yang kita tahu bersama, sudah banyak rekan-rekan developer game lokal yang sebenarnya punya game yang potensial, hanya saja untuk bisa bersaing mereka belum mendapatkan wadah yang tepat.

“Dulu, kami berangkat dari komunitas terlebih dahulu. Butuh waktu cukup lama bagi kami untuk memasarkan game Battle of Guardian hingga akhirnya mendapatkan kesempatan untuk masuk jadi cabang game di Piala Presiden Esports 2022. Tentu saja kami sangat berterimakasih atas kesempatan ini dan semoga kami bisa berkontribusi besar untuk perkembangan ekonomi digital Indonesia nantinya. Kami juga berharap bahwa dari ajang Piala Presiden Esports 2022, game Battle of Guardian bisa reach out ke komunitas gamers yang lebih besar lagi,” ungkap Andrew.

Game lokal jadi salah satu kunci untuk mengembangkan sektor ekonomi digital melalui industri game. Dari tahun ke tahun Piala Presiden Esports menjadi ruang untuk unjuk gigi sejumlah game lokal; baik melalui turnamen atau showcase. Di tahun ini ada tiga game lokal yang dipertandingkan; Battle of Guardians, Battle of Satria Dewa, dan Lokapala.

Harapannya Piala Presiden Esports 2022 bisa membawa game berkualitas dari tanah air untuk dikenalkan di Tanah Air serta menemukan pasar yang signifikan baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Seperti yang dijelaskan oleh Matthew Airlangga sebagai Wakil Ketua Pengelenggara Piala Presiden Esports 2022. Keberadaan game lokal di turnamen skala nasional adalah langkah yang baik untuk memancing antusiasme developer game lokal agar mereka bisa bersaing di industri game tersebut.

“Berbicara tentang proses, yang KINCIR lakukan sejak tahun 2019 dalam menyelenggarakan Piala Presiden Esports adalah selalu melakukan komunikasi dengan developer lokal untuk memotivasi mereka dalam mengembangkan produknya agar siap dan matang ketika dipasarkan. Tujuan yang ingin dicapai dari membawa game-game lokal ini tentu saja agar mampu berkontribusi untuk memajukan ekonomi digital Indonesia,” jelas Matthew

Sebagai penutup, Senior Vice President Bank Central Asia (BCA), Norisa Saifuddin mengutarakan bahwa sejak tahun lalu BCA sudah membuat gerakan Bangga Lokal. Gerakan ini bertujuan untuk menggabungkan UMKM binaan BCA dengan esports. Nantinya, produk-produk lokal akan meramaikan turnamen-turnamen esports, salah satunya di Piala Presiden Esports 2022.

Tak hanya itu, dukungan nyata BCA terhadap Piala Presiden Esports 2022 telah terjalin sejak 2019. Norisa mengatakan bahwa, BCA melihat adanya potensi besar di industri ini untuk memajukan ekonomi digital Indonesia.

“Bukti nyata BCA mendukung sektor industri game dan esports di Tanah Air itu sudah kita tunjukkan sejak 2019 lalu waktu pertama Piala Presiden Esprots digelar. Kami melihat bahwa turnamen ini membawa potensi besar nantinya. Benar saja, dari tahun ke tahun ada perkembangan signifikan yang diperlihatkan, salah satunya adalah mulai menghadirkan game lokal pada Piala Presiden Esports 2020. Hal ini tentu membuat kami makin antusias untuk memberikan dukungan, terutama untuk game-game lokal,” jelas Norisa.

Setelah melangsungkan Kick Off pada 10 Agustus 2022, ajang Piala Presiden Esports 2022 memasuki babak kualifikasi yang dimulai dari Final Qualifier Lokapala pada 26 September 2022 yang disusul oleh Final Qualifier game Battle of Satria Dewa pada 27 September 2022.

Untuk game populer, babak kualifikasi East dan West Regional cabang Mobile Legends berlangsung dari tanggal 29 September – 2 Oktober 2022. Setelahnya, giliran para peserta kualifikasi regional cabang Free Fire yang bertanding sejak 3 – 6 Oktober 2022.

Beralih ke cabang berikutnya, peserta undangan di babak Closed Qualifier PUBG Mobile saling berebut slot ke Main Event Piala Presiden Esports 2022 pada 7 – 9 Oktober 2022. Babak kualifikasi tertutup tak berhenti sampai di situ, giliran tim-tim profesional Mobile Legends yang bertanding dari 13 – 16 Oktober 2022. Setelah itu, babak Final Qualifier Battle of Guardian telah berlangsung pada 19 Oktober 2022.

Sejak tanggal 20 – 21 Oktober 2022, para peserta kualifikasi terbuka cabang Mobile Legends pun diadu. Kemudian berlanjut ke cabang PUBG Mobile di tanggal 22 – 23 Oktober 2022 yang disambung dengan kualifikasi terbuka cabang Free Fire dari 9 – 10 Oktober 2022.