POROSKOTA.COM, JAKARTA – Kamar Dagang dan (Kadin) Indonesia berkolaborasi dengan PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) membantu meningkatkan lokal melalui program .

Kepala Komite Tetap Nita Kartikasari menyatakan, pihaknya terus mendorong pelaku UMKM dan masyarakat agar memiliki pengetahuan mengenai strategi pengembangan , khususnya di era digital.

Dia mengatakan, Wiki Wirausaha merupakan sebuah platform online yang diinisiasi oleh Kadin dan ditujukan bagi para pelaku wirausaha untuk mendapatkan mitra dan akses pasar, serta keuangan atau informasi untuk menumbuhkan usaha.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Menurutnya, program ini dapat memperkuat ekosistem UMKM, serta bertujuan untuk meningkatkan daya saing para produsen, kelompok tani, usaha mikro, kecil, dan menengah.

Nita menjelaskan, pelatihan-pelatihan yang disajikan dalam Wiki Wirausaha bersifat gratis.

“Banyak materi yang dimiliki oleh SETC yang dapat membantu pelaku UMKM mencari inspirasi,” ujarnya dalam webinar UMKM Untuk Indonesia, Usaha Maju Kian Makmur, dikutip Selasa (30/8/2022).

Direktur LLP-KUKM (Smesco Indonesia) Leonard Theosabrata menambahkan pentinya pelatihan pelaku UMKM mengenai mengembangkan skala bisnis dengan bantuan digitalisasi.

“Pelatihan dapat menciptkan ekosistem bisnis yang lebih besar bagi pelaku usaha ultra mikro dan mikro dan agar skala bisnis mereka dapat tumbuh,” tukasnya.