POROSKOTA.COM, JAKARTA – Pemerintah resmi menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) mulai Sabtu (3/9/2022) pukul 14.30 WIB, sebagai upaya mengurangi anggaran subsidi energi yang mulai membengkak.

Harga dari Rp 7.650 per-liter naik menjadi Rp10.000. subsidi dari Rp 5.150 per-liter menjadi Rp 6.800 dan Pertamax dari Rp 12.500 menjadi Rp14.500 per-liter.

Meski banyak yang menilai kenaikkan akan mengurangi daya beli masyarakat, namun momentum ini juga bisa menjadi waktu yang tepat untuk beralih menggunakan kendaraan yang lebih ramah lingkungan, seperti sepeda listrik.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Walau masih dinilai mahal untuk dibeli, nyatanya penggunaannya jauh lebih irit dari motor konvensional.

Berikut Dulohupa.com rangkum daftar sepeda motor listrik dengan harga terjangkau, mulai dari Rp 11 jutaan :

1. ECGO-2

Dikenalkan oleh PT Green City Traffic (GCT) pada GIIAS 2019, sepeda motor listrik ini ditawarkan ke konsumen dengan harga sekitar Rp 11 jutaan.

Dengan desain serba kotak dan langsing, sepeda motor listrik ini sangat terjangkau karena memakai skema baterai sewa, dengan biaya Rp 95.000 untuk 30 hari/1.000 km.

Skema yang ditawarkan ini membuat konsumen bebas dari pembelian baterai dan biaya ganti baterai yang mahal saat masa pakainya sudah habis.

2.

Berdiri sejak 2011, PT Juara Bike dengan brand Selis telah dikenal sebagai produsen di Indonesia. Perusahaan telah banyak mengeluarkan produk, mulai dari sepeda listrik hingga motor listrik.

Khusus untuk sepeda motor listrik, Selis telah merilis empat model, seperti Selis tipe E-Max – Baterai SLA dengan jarak tempuh hanya 40 km, dibanderol sebesar Rp 15,5 juta.

Lalu ada sepeda motor listrik Selis tipe E-Max – Baterai Lithium (Single), ditawarkan dengan harga Rp 18 juta, memiliki jarak tempuh 60 km.

Selanjutnya, skuter listrik Selis tipe Agats yang dijual seharga Rp 19,9 juta, yang mampu menempuh jarak 50 km dalam sekali pengisian baterai dan kecepatan maksimumnya mencapai 60 km/jam.

Terakhir ada listrik Selis tipe E-Max – Baterai Lithium (Dual) dibanderol sebesar Rp 24 juta, dengan jarak tempuhnya super jauh, yakni 120 km dan kecepatan maksimalnya diangka 50 km/jam.

3. Volta 401

Menawarkan skema yang sama seperti ECGO-2, yakni dengan penggantian baterai, PT Volta Indonesia Semesta mengenalkan sepeda motor listrik Volta 401.

Volta 401 mengusung baterai 60V20Ah Lithium-ion dengan motor bertenaga 1,5 KW, dengan pengisian baterai memakan waktu 6-8 jam. Menyoal harga, Volta 401 dijual ke konsumen dengan harga mulai dari Rp 15,7 juta.

4. Minerva M1

PT Bagaskoro Mega Langgeng (BML) pemegang merek Minerva di Indonesia meluncurkan sepeda motor listrik Minerva M1 di GIIAS 2022.

Secara singkat, Minerva M1 telah menggunakan rem depan cakram dan rem belakang teromol, dilengkapi teknologi combi brake system-CBS.

Cukup menekan tuas rem tangan sebelah kiri maka rem depan dan rem belakang berfungsi secara bersamaan.

M1 mengusung baterai lithium ion berkapasitas 64V 22.5Ah, yang mampu menghasilkan torsi 112 Nm pada 750 rpm.

Motor listrik ini dibanderol dengan harga Rp 16,5 juta on the road (OTR) Jakarta. Tersedia dalam lima pilihan warna yaitu Baby Blue, Tosca, Grey, Blue, Silver dan Red Silver.

5. Viar Q1

Sebelum Gesits merilis produk pertamanya, PT Triangle Motorindo sebagai Agen Pemegang Merek (APM) Viar di Indonesia sudah terlebih dahulu merilis sepeda motor listriknya, yakni Viar Q1.

Saat ini, Viar Q1 sudah memiliki dua generasi, pertama kali pada tahun 2017 dan versi terbarunya rilis di GIIAS 2019.

Sepeda motor listrik buatan pabrikan di Semarang, Jawa Tengah, ditawarkan dengan mesin listrik bertenaga 800 watts.

Tenaga disuplai dari baterai Lithium Ion (Li-Ion) yang berdaya 60v-23AH, sehingga Q1 mampu melaju dengan kecepatan 60 Km/jam.

Untuk pengisian baterai membutuhkan waktu sekitar 4-5 jam hingga penuh dengan input tegangan 220 Volts. Harganya sendiri sekitar Rp 18,9 jutaan.

6. Gesits

Gesits merupakan brand kendaraan listrik roda dua yang pembuatannya ditangani oleh PT WIKA Industri Manufaktur (WIMA), perusahaan patungan PT Wijaya Karya Industri dan Konstruksi dengan PT Gesits Technologies Indo.

Pengembangan sepeda motor listrik Gesits dilakukan sejak 2018, dengan desain bodi ala skuter yang tegas dan sporty, serta tersedia dalam tiga pilihan warna, yaitu hitam, merah dan putih.

Skuter listrik Gesits menggunakan tenaga listrik dengan daya 5 Kw, yang dapat menempuh jarak hingga 50 km saat baterai terisi penuh untuk baterai tunggal dan 100 km jika menggunakan baterai ganda.

Untuk mengisi daya baterai hanya membutuhkan waktu 3 hingga 4 jam hingga terisi penuh. Skutii Gesits ditawarkan ke konsumen dengan harga mulai dari Rp 26 juta.

7. United Motor T1800

Pabrikan yang terkenal dengan brand sepeda United sekarang mulai menjajaki pasar sepeda motor listrik dengan produk pertamanya berna United Motor T1800.

Skuter berdesain sporty mirip Yamaha NMax ini ditawarkan ke konsumen dengan empat mode kecepatan, yaitu speed 1 dengan kecepatan 50 km/jam, speed 2 kecepatan 60 km/jam, speed 3 kecepatan 65 km/jam dan turbo dengan laju kecepatan 70 km/jam.

United Motor T1800 mengusung charger berdaya 15 ampere, sehingga pengisian baterai akan lebih cepat.

Yang menarik, tampilan dashboard T1800 sangat futuristik dengan panel LED yang memuat berbagai informasi menyoal baterai, kecepatan hingga mode berkendara.

Skuter listrik ini juga menyajikan bagasi yang luas untuk memudahkan konsumen untuk menyimpan baterai cadangan.

Menyoal harga, skuter listrik United Motor T1800 dijual ke konsumen dengan harga mulai dari Rp 27 juta.

8. Segway N90C

Memanfaatkan ajang GIIAS 2022, Segway Motors Indonesia (SMI) merilis beragam sepeda motor listrik, diantaranya N90C.

Memiliki kecepatan maksimal 52 kilometer per-jam (kpj) dan jarak tempuh 76-94 kilometer (km), sepeda motor listrik ini dijual seharga Rp 27 juta.

9. Alva One

Pemain baru di industri sepeda motor listrik, Ilectra Motor Group (IMG) dengan produknya Alva One bisa menjadi pilihan di tengah mahalnya harga BBM.

Dirilis di GIIAS 2022, sepeda motor ini memiliki performa yang handal dengan dibekali tiga mode berkendara, yakni Eco, Cruise dan e-Sport.

Setiap modenya dapat memberikan performa yang efektif sesuai dengan tingkat kecepatan yang diinginkan, dengan masing-masing kecepatan maksimum 43 km/jam, 70 km/jam dan mode e-Sport dengan kecepatan hingga 90 km/jam.

Alva One dibekali dengan torsi 46,5 Nm atau kalau di motor ICE (Internal Combustion Engine/mesin pembakaran internal) itu 150 cc.

Motor ini dapat menjangkau jarak tempuh sesuai dengan kebutuhan pengendara dan mampu menempuh jarak tempuh sejauh 70 km. Alva One ini dibanderol sebesar Rp 34,9 juta on the road DKI Jakarta.

10. Rakata NX3 dan NX8

PT Artas Rakata Indonesia (Rakata Motorcycle) telah memiliki empat jenis produk yang berbeda yaitu X5, S9, serta NX3 dan NX8 merupakan model terbaru mereka.

Dibuat di pabrik mereka di Bitung, Tangerang, Banten, model tertingginya ialah Rakata NX8, sport bike listrik ini hadir dengan desain sporty dan dilengkapi dinamo penggerak 2,000 watt, serta battery pack lithium ion 72 Volt 50 Ah.

Dengan dibekali kapasitas baterai yang cukup besar, Rakata NX8 mampu menempuh jarak hingga 100 km dan memiliki kecepatan maksimum 80 km per-jam. Rakata NX8 dipasarkan dengan harga Rp 54,75 juta on the road Jadetabek. Kemudian, Rakata NX3 yang merupakan motor listrik model Maxi dengan desain premium yang mengusung drive train atau motor penggerak berkekuatan 2.000 watt.

Sumber tenaga Rakata NX3 berasal dari battery pack lithium ion dengan rating kapasitas sebesar 72 Volt 26 Ah (removable) yang mampu memacu motor sampai dengan kecepatan maksimum 80 km/jam dengan jarak tempuh 80 km. Rakata NX3 diluncurkan dengan harga perdana Rp 41,1 juta on the road Jadetabek.