POROSKOTA.COM, JAKARTA – Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia () menyebut peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2022 yang dirayakan 9 September kali ini terasa spesial.

Selain puncak perayaannya yang digelar di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur yang akan menjadi Ibu Kota Nusantara (IKN), Haornas kali ini juga menjadi momentum bagi semua pihak memegang teguh komitmen mewujudkan cita-cita olahraga Indonesia, salah satunya menjadikan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2036.

Sebagaimana arahan Presiden , IKN digadang menjadi lokasi yang akan diajukan untuk menjadi kota penyelenggara dalam bidding Olimpiade 2036. NOC Indonesia, disebut Oktohari, berkomitmen bekerja ekstra keras untuk merealisasikan cita-cita tersebut.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

“Olahraga Indonesia kini telah berkembang jauh lebih baik. Perhatian yang diberikan pemerintah kepada insan olahraga saat ini sungguh luar biasa. Kita memiliki Presiden RI Joko Widodo yang sangat serius memajukan olahraga, begitu juga dengan Menpora Bapak Zainudin Amali yang concern dan memiliki misi tinggi menuju Olimpiade,” kata Oktohari.

“Kita juga akan memaksimalkan bidding IKN 2023 pada ANOC World Beach Games 2023 Bali yang akan diadakan 5-12 Agustus, setelahnya dari 13-15 Agustus sebanyak 205 NOC di seluruh dunia dan para petinggi organisasi olahraga dunia, di antaranya Presiden IOC Thomas Bach,

Presiden ANOC Robin Mitchell, Presiden WADA Witold Banka dan lain-lain. Ini akan kami maksimalkan sebagai ajang diplomasi dan sekaligus mengajak mereka merayakan Kemerdekaan RI ke-78 bersama di Bali.

Seiring dengan cita-cita untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2036, NOC Indonesia juga akan mendukung agar prestasi para atlet kedepannya bisa meningkat. Hal ini sesuai dengan tema Haornas 2022 yakni ‘Bersama Cetak Juara’.

“Komite Olimpiade Indonesia berharap semoga Indonesia, negara dengan populasi nomor empat terbesar di dunia, bisa mencetak juara-juara di kancah regional, kontinental, dan dunia. Khususnya panggung Olimpiade, sehingga bersama kita dapat mewujudkan cita-cita besar prestasi olahraga Indonesia yakni melihat Indonesia masuk dalam posisi lima besar dunia tepat pada perayaan 100 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia,” kata Oktohari.

Menjadikan Indonesia masuk dalam posisi 5 besar dunia pada 2045 juga sesuai dengan tujuan Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

DBON merupakan dokumen rencana induk yang berisikan arah kebijakan pembinaan dan pengembangan keolahragaan nasional yang dilakukan secara efektif, efisien, unggul, terukur, sistematis, akuntabel, dan berkelanjutan dalam lingkup olahraga pendidikan, olahraga rekreasi, olahraga prestasi, dan industri olahraga.