POROSKOTA.COM, JAKARTA – Pandemi virus corona (Covid-19) yang berlangsung selama lebih dari 2 tahun memang telah membuat bangak sektor penopang perekonomian ‘babak belur’.

Salah satu sektor yang paling terdampak melesunya ekonomi adalah yang merupakan sektor kritikal.

Hal itu karena minimnya permintaan renovasi atau membangun rumah di masa pandemi.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Seiring dengan pengendalian pandemi yang berlangsung optimal di tanah air, perekonomian pun mulai pulih kembali.

Ini ditandai dengan kembali tingginya permintaan pada sejumlah sektor konsumsi, termasuk permintaan terhadap .

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, Indeks Harga Perdagangan Besar (IHPB) konstruksi atau bangunan pada Agustus 2022 mengalami peningkatan sebesar 0,76 persen dari bulan sebelumnya.

Peningkatan indeks ini tentunya menunjukkan bahwa mulai adanya peningkatan permintaan terhadap produk-produk komoditas bahan bangunan.

Pengusaha toko bangunan yang sempat merugi sepanjang pandemi pun kini dapat memanfaatkan momentum lonjakan permintaan produk bahan bangunan, melalui cara memperluas jangkauan pemasaran.

Salah satu upaya perluasan yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan platform e-commerce khusus produk bahan bangunan seperti UKUR.

Di era new normal seperti saat ini, ekonomi mulai menggeliat kembali dan pemanfaatan teknologi pun kian dioptimalkan para pelaku bisnis untuk memasarkan produk mereka.

Lewat platform UKUR, para pengusaha toko bangunan bisa semakin memperluas jangkauan pasar mereka dengan menambah akses pasar online.

Kehadiran toko bangunan online ini diharapkan mampu menjadi kompensasi penurunan penjualan selama pandemi yang telah berlangsung selama lebih dari 2 tahun ini.

Nah, untuk mengoptimalkan penjualan produk bahan bangunan secara online ini, berikut sederet tips yang bisa diimplementasikan para pelaku bisnis toko bangunan.

1. Cari wadah untuk berjualan secara online

Pengusaha toko bangunan yang memiliki rencana untuk membuka toko online sebaiknya segera mencari tahu daftar marketplace untuk toko bangunannya.

Salah satu marketplace toko bangunan yang dapat dijadikan pilihan adalah UKUR yang telah menjadi wadah bagi para pengusaha bahan bangunan dalam mendaftarkan toko mereka secara online.

2. Bergabung menjadi mitra UKUR

Pengusaha toko bangunan dapat langsung mendaftar melalui situs resmi www.ukur.com, karena ada banyak pelanggan dengan berbagai latar belakang, mulai dari konsumen ritel, pemilik proyek, hingga kontraktor.

Dengan bergabung sebagai mitra, anda secara langsung telah melebarkan sayap bisnis karena dapat menjangkau beragam konsumen dari berbagai kalangan.

3. Melakukan promosi melalui social media

Setelah memiliki toko bangunan secara online, anda perlu secara aktif melakukan kegiatan promosi.

Dikutip dari laman ermarketing.net, Jumat (7/10/2022), anda dapat memanfaatkan platform-platform media sosial seperti Twitter, Instagram, maupun Facebook.

Perlu diketahui, promosi merupakan hal yang sangat penting dalam menjangkau pasar konsumen yang lebih luas.

Lalu apa saja keuntungan menjual bahan bangunan di marketplace ini?

Banyak sekali keuntungan yang dapat anda peroleh sebagai pengusaha toko bangunan, jika memanfaatkan platform UKUR untuk mengelola toko bangunan secara online.

1. Mendapatkan pelanggan pengguna langsung atau end-user

Mayoritas pelanggan setia platform ini merupakan pemilik proyek hingga kontraktor yang membutuhkan bahan bangunan untuk konstruksi.

Ini mengindikasikan bahwa anda dapat memperlebar margin keuntungan karena pembeli anda bukanlah pihak yang ingin menjual kembali produk anda.

2. Proses yang sederhana dan user friendly

Proses pendaftaran untuk menjadi merchant di platform ini tergolong sangat mudah, karena anda cukup masuk ke laman platformnya, kemudian pilih opsi daftar pada menu utama.

Namun anda perlu mengisi informasi terkait badan usaha dari toko bangunan yang anda miliki.

Proses ini perlu dilakukan untuk menjamin kualitas dari merchant-merchant yang membuka toko bangunan online di platform tersebut.

3. Belanja dan transaksi bisa dilakukan 24 jam

Laman UKUR didesain khusus agar para konsumen tetap dapat melakukan transaksi, baik penjualan maupun pembelian dalam kurun waktu 24 jam sehari, 7 hari seminggu.

Dengan demikian, turn over barang dagangan anda akan menjadi lebih cepat dan anda bisa semakin mendapatkan keuntungan.

4. Minim biaya modal

Karena proses buka toko bangunan di platform ini dilakukan secara online, maka pengusaha tidak perlu mengeluarkan biaya-biaya yang biasanya dikeluarkan untuk pengelolaan toko fisik.

Nah melalui pengimplementasian sederet tips tersebut, maka pengusaha toko bangunan dapat segera bangkit dari keterpurukan akibat pandemi melalui pemanfaatan permintaan bahan bangunan yang mulai meningkat di pasar dalam negeri.