POROSKOTA.COM – Apakah Anda sering merasa (BAB)? Masalah pencernaan atau susah BAB, yang dikenal juga sebagai konstipasi atau sembelit, dapat terjadi pada siapa saja.

Terkadang, konstipasi juga disertai dengan rasa sakit mulas yang berlebih, sehingga membuat orang-orang tidak nyaman saat hendak atau sedang BAB.

Permasalahan susah BAB pun tak jarang mengganggu kegiatan sehari-hari. Bayangkan saja jika Anda sedang sibuk bekerja atau melakukan aktivitas lain, kemudian muncul rasa mulas dan tidak nyaman pada perut. Akan tetapi saat Anda sudah siap duduk di toilet, ternyata Anda malah mengalami sembelit.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Jika Anda sering merasa susah BAB, ada baiknya mengetahui penyebabnya terlebih dahulu sebelum mencari tahu cara mengatasinya. Pasalnya, penyebab sembelit ada bermacam-macam dan dapat berbeda-beda setiap orang. Di bawah ini 4 penyebab susah BAB yang perlu Anda ketahui:

Gaya hidup yang tidak sehat

Jika Anda gemar menyantap makanan berlemak atau mengonsumsi kafein, bisa jadi itu adalah salah satu alasan mengapa pencernaan kurang lancar. Selain itu, ketergantungan terhadap obat juga dapat menyebabkan efek samping sembelit.

Permasalahan susah BAB pun dapat terjadi jika Anda malas bergerak dan jarang berolahraga. Melansir Halodoc, beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang sehat secara fisik seperti pelari maraton lebih kecil kemungkinan mengalami sembelit.

Terlebih, orang yang menghabiskan banyak waktu dengan berdiam di tempat tidur atau duduk di kursi memiliki risiko sembelit yang lebih tinggi. Maka itu, yuk mulai perbaiki gaya hidup Anda untuk mencegah susah BAB!

Sering menunda BAB

Penyebab lain dari konstipasi tidak lain adalah seringnya menunda BAB itu sendiri, biasanya karena padatnya rutinitas.

Padahal, perilaku menunda BAB ini bisa menyebabkan susah BAB dalam jangka panjang. Mengutip Alodokter, ketika Anda menahan BAB, usus bagian bawah akan menyerap air dari tinja yang menumpuk di rektum, sehingga feses menjadi lebih keras. Setelah ditunda beberapa saat, kotoran akan lebih sulit untuk keluar, sehingga Anda pun akan merasa susah BAB.

Terlebih lagi, ada berbagai bahaya dan penyakit lain yang dapat disebabkan oleh menunda dan menahan BAB, seperti wasir atau ambeien, usus tersumbat, BAB berdarah, dan inkontinensia tinja

Kurang konsumsi serat

Mereka yang kurang mengonsumsi serat akan rentan susah BAB. Sebagai salah satu jenis nutrisi utama yang dibutuhkan oleh tubuh, serat memang sangat berpengaruh pada kelancaran BAB.

Melansir Klikdokter, kekurangan asupan serat menyebabkan pergerakan usus tidak lancar. Karena itu, serat, khususnya jenis serat larut air dibutuhkan oleh usus agar dapat berkontraksi dengan baik.

Beberapa makanan tinggi serat yang dapat dikonsumsi untuk mencegah susah BAB adalah buah-buahan seperti apel, stroberi, pepaya, sayur-sayuran hijau seperti bayam dan brokoli, serta biji-bijian seperti gandum, dan kacang-kacangan.

Jarang minum air putih

Apakah Anda jarang minum air putih? Bisa jadi itu adalah penyebab mengapa Anda mengalami konstipasi!

Air putih memiliki berbagai manfaat penting bagi tubuh, termasuk juga bagi kelancaran pencernaan. Dilansir dari Alodokter, kurang meminum air putih dapat membuat kotoran di dalam saluran pencernaan mengeras, sehingga susah untuk dikeluarkan saat BAB.

Tubuh manusia memerlukan asupan 8 hingga 10 gelas air putih setiap harinya. Banyak mengonsumsi air putih tidak hanya akan mencegah susah BAB, namun juga menghindari dehidrasi atau kekurangan cairan. Karenanya, pastikan Anda mulai rutin mengonsumsi air putih mulai sekarang juga!

Jika Anda sering mengalami susah BAB dan merasakan ciri-ciri seperti di atas, segera konsultasikan dengan dokter agar Anda bisa mendapatkan penjelasan mendetail mengenai penyebab sembelit yang dialami.

Selain itu, cara mengatasi susah BAB yang dapat Anda lakukan adalah mengonsumsi minuman pelancar BAB yang terbuat dari serat dan herbal alami seperti Vegeta Herbal!

Bagi Anda yang mengalami susah BAB, Vegeta Herbal hadir untuk mengatasi masalah pencernaan dengan rasa aman dan nyaman tanpa rasa sakit mulas yang berlebih. Minuman pelancar BAB ini mengandung kombinasi serat, laksatif alami, dan anti kembung yang berasal dari tumbuh-tumbuhan alami.

Vegeta Herbal mengandung tumbuhan alami seperti Platago ovata, Senna dan Rei Radix, Foeniculli dan Liquirittiae. Kombinasi serat, laksatif alami, dan anti kembung dari tumbuh-tumbuhan alam yang berkhasiat melancarkan buang air besar yang macet.

Vegeta Herbal juga membantu membersihkan tubuh dari zat beracun, serta membuat aktivitas menjadi nyaman karena BAB lancar! Tak hanya itu, Vegeta Herbal juga berfungsi mencegah wasir, membantu diet dengan cara mengikat lemak dari makanan, serta membantu menurunkan kolesterol.

Yuk, konsumsi Vegeta Herbal 1 x sehari 1 bungkus sebelum tidur jika pencernaan terasa kurang lancar dan tidak nyaman. Dosis dapat ditingkatkan menjadi 2 x sehari apabila diperlukan

Minum Vegeta Herbal, pencernaan lancar, nyaman, dan aman! Dapatkan Vegeta Herbal untuk atasi sembelit dan susah BAB sekarang juga dengan klik link ini!