PorosKota.com – Susu kental manis menjadi bahan serbaguna yang melengkapi berbagai kreasi menu sarapan. Dengan menambahkan susu kental manis, sajian sarapan yang kamu buat tentu akan menjadi lebih gurih dan nikmat.

Tak hanya untuk kreasi sarapan nusantara, susu kental manis juga bisa melengkapi resep menu sarapan mancanegara, lho! Salah satu yang bisa dicoba adalah roti panggang ala Korea atau gilgeori toast dengan susu kental manis.

Bagi kamu penggemar drama atau musik Korea tentu kurang lengkap jika tidak mencicipi hidangan khas Korea yang satu ini. Sandwich khas dari negeri Gingseng ini berisi telur dadar dengan sayuran yang ditambah dengan lapisan smoked beef serta dilengkapi olesan mayonaise, saus tomat, hingga susu kental manis.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Selain nikmat, pastinya Korean toast yang satu ini juga menjadi menu sarapan sehat yang mengenyangkan, bukan? Nah, biasanya, sandwich telur ini bisa kamu dapatkan di pedagang street food Korea, bakery dan juga kedai .

Namun, daripada membelinya, kali ini, yuk coba bikin sendiri di rumah! Apalagi, resep gilgeori toast juga sangat mudah dibuat serta susu kental manis sebagai pelengkap pun merupakan bahan yang mudah didapatkan di mana saja.

Selain mudah ditemukan, susu kental manis juga tersedia dengan berbagai variasi ukuran dan kemasan sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Ditambah lagi jika kamu memilih susu kental manis berlabel kemasan full cream yang terbuat dari susu segar, tentu rasa gilgeori toast buatanmu semakin gurih dan creamy.

Sejarah dan manfaat susu kental manis

Sebelum mencoba resep roti panggang ala orang Korea, tahukah kamu bahwa yang akan menjadi bahan pelengkap resep buatanmu, ternyata sudah dikenal lebih dari seratus tahun?

Dilansir dari Kompas.com, sejarawan makanan Universitas Padjajaran, Fadly Rahman mengungkapkan bahwa susu kental manis mulai muncul pada awal abad ke-19 di mana belum adanya teknologi pendingin.

Kehadiran susu kental manis saat itu pun menjadi solusi dari permasalahan susu segar yang cepat basi dan mudah rusak sehingga bahaya untuk dikonsumsi.

Fadly menjelaskan, susu kental manis mulai diperkenalkan kepada masyarakat tepatnya 31 Januari 1851 oleh seorang pria asal Amerika Serikat, yaitu Gail Borden. Ia memperkenalkan alat yang mampu membuat susu mengental dan mudah dikonsumsi dalam kondisi apapun.

Dalam panci hampa udara temuan Borden, susu direbus pada suhu di atas 100 derajat Celcius hingga akhirnya menjadi kental, terasa nikmat, dan yang penting bisa diminum dalam jangka waktu lama.

Seiring perkembangan zaman, susu kental manis pun menyebar ke berbagai negara termasuk Indonesia. Puncaknya adalah ketika salah satu merek susu kental manis populer yang dipasarkan di Belanda sejak 1871, mulai hadir di Indonesia pada tahun 1922.

Menurut Perka BPOM Regulasi No. 21 Tahun 2016, susu kental manis adalah produk susu yang diperoleh dengan menghilangkan sebagian air dari campuran susu dan gula hingga mencapai tingkat kepekatan tertentu.

Karena masuk dalam kategori produk susu, susu kental manis pun memiliki kandungan zat gizi makro seperti protein, karbohidrat, dan lemak serta zat gizi mikro, yaitu vitamin dan mineral. Namun, kamu tetap perlu mendapatkan nutrisi dari berbagai sumber gizi dan tidak bisa menjadikan susu kental manis sebagai satu-satunya sumber gizi.

Nah, dengan rasa nikmat dan gurih yang dimilikinya, susu kental manis menjadi bahan serbaguna yang tak hanya melengkapi aneka resep menu sarapan, tetapi juga bisa dijadikan sebagai topping untuk menambah kenikmatan kreasi makanan dan minuman buatanmu.

Susu kental manis dalam roti panggang ala Korea (gilgeori toast), ini resepnya!

Kamu tentu sudah tidak sabar untuk membuat roti panggang ala Korea dengan susu kental manis untuk disantap saat sarapan bersama keluarga, bukan? Namun sebelumnya, terdapat beberapa bahan yang perlu disiapkan terlebih dahulu, yaitu sebagai berikut.

Bahan-bahan untuk membuat gilgeori toast dengan susu kental manis:

Cara membuat gilgeori toast dengan susu kental manis:

Setelah menyiapkan bahan-bahan di atas, saatnya kamu mulai membuat ala orang Korea ini. Cara membuatnya pun cukup mudah, lho!

Pertama, kamu perlu mengocok lepas telur yang sudah disiapkan hingga berbuih. Kemudian, masukkan wortel dan kol yang sudah diserut halus serta daun bawang yang sudah diiris tipis. Lalu, tambahkan garam, minyak wijen, dan juga merica bubuk. Setelah itu, aduk seluruh adonan hingga rata.

Setelah adonan siap, panaskan wajan anti lengket dan tuangkan adonan telur tersebut ke dalam wajan dengan api yang kecil. Kemudian, bentuk adonan menjadi segi empat seperti bentuk roti dan jangan lupa untuk memanggang kedua sisi adonan sampai matang.

Setelahnya, panggang roti yang telah diolesi mentega dan juga susu kental manis full cream di atas wajan anti lengket. Nah, susu kental manis yang dioleskan pada roti panggang inilah yang dapat menambah cita rasa menjadi lebih gurih.

Kemudian, lapisi roti dengan adonan telur, smoked beef, keju lapis, dan jangan lupa untuk lengkapi dengan tambahan saus mayones, saus sambal, dan saus tomat. Terakhir, panggang roti sampai matang dan nikmati sajian gilgeori toast selagi hangat.

Selain mengenyangkan, menikmati sajian sarapan gilgeori toast dengan susu kental manis tentu dapat membuat suasana hatimu senang karena bisa membuatnya sendiri dan mencicipi makanan yang biasanya hanya kamu saksikan di drama Korea.

Tak hanya membuat roti panggang ala orang Korea, kamu juga bisa membuat berbagai kreasi menu sarapan lainnya baik dari berbagai negara lain maupun nusantara dengan susu kental manis sebagai bahan pelengkap penambah cita rasa.

Apalagi, susu kental manis juga praktis dan ekonomis karena dapat dibeli di mana saja, dengan kemasan yang cukup beragam serta harga yang cukup terjangkau. Kamu pun tak perlu khawatir juga terkait cara penyimpanannya karena terdapat beberapa jenis kemasan susu kental manis yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, di antaranya kemasan kaleng, pouch, dan sachet.

Jangan lupa pula agar susu kental manis yang dipilih untuk bahan pelengkap maupun topping dapat dikonsumsi dengan aman, pastikan untuk selalu mengecek informasi pada label kemasan, tanggal kedaluwarsa, izin edar produk serta kemasan yang masih dalam kondisi baik.

Yuk, berkreasi dengan berbagai menu resep menu sarapan lezat dan mengenyangkan seperti gilgeori toast dengan susu kental manis agar kamu bisa menjalani hari dengan semangat dan penuh energi!

Susu kental manis memang kerap jadi andalan keluarga Indonesia sebagai bahan pelengkap yang makin melezatkan makanan. Yuk, kenal lebih dekat dengan susu kental manis dan alasan mengapa orang-orang menyukainya dengan klik link ini.