POROSKOTA.COM, JAKARTA – Saat anak pilek biasanya membuat orangtua cemas.

Batuk pilek bukan hanya karena infeksi, tapi bisa juga karena yang tidak hanya dicetus oleh makanan.

Ada beragam pencetus alergi, misalnya pencetus hirupan seperti debu, asap rokok, bulu binatang atau pencetus lain seperti udara dingin atau kecoa.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Di rumah, yang kadang tidak disadari dan tidak kasat mata adalah .

Tungau merupakan serangga berbentuk pipih, berwarna cokelat dan karena sangat sulit dilihat oleh mata.

Kebanyakan orang akan menyadari lingkungan kamar atau rumahnya terdapat tungau setelah mendapati bekas gigitan pada kulit.

“Tungau adalah hewan mikroorganisme yang hidup dan berkembangbiak di tempat yang hangat dan lembab, contohnya seperti kasur, sofa dan lain-lain,” kata dr Mesty Ariotedjo SpA, Dokter Spesialis Anak saat webinar bertemakan “Cara Tepat Atasi Anak Balita Rentan Alergi Tungau yang diadakan HydroClean® secara daring, Kamis (6/10/2022).

Di tempat-tempat tersebut, kata dan founder Tentang Anak banyak terdapat serpihan sel kulit mati manusia yang merupakan makanan bagi tungau.

Gigitan dari beberapa jenis tungau dapat menyebabkan rasa gatal atau ruam layaknya digigit kutu.

Ada pula jenis tungau yang tidak menggigit, tapi bisa memicu reaksi alergi yang berasal dari kotoran.

“Kehadiran tungau ini dapat menimbulkan reaksi alergi pada anak berupa iritasi pada kulit seperti gatal dan ruam,” katanya.

Kotoran tungau, kata dia mengandung alergen atau zat pemicu alergi yang pada beberapa kasus dapat memicu gangguan pernapasan pada anak seperti asma, sesak napas, nyeri dada hingga batuk.

“Oleh sebab itu, kebersihan soft furniture harus selalu diperhatikan agar tungau tidak makin menumpuk dan menyebabkan gangguan ,” katanya.

Pratiwi Halim, Founder HydroClean® mengatakan, selama ini kami masih melihat banyaknya konsumen yang belum aware akan pentingnya kebersihan soft furniture.

“Oleh sebab itu, kami tergerak untuk berkolaborasi dengan Tentang Anak dalam mengedukasi masyarakat pentingnya agar memahami bahaya tungau bagi kesehatan anak yang dapat memicu alergi dan berbagai komplikasinya,” katanya.

HydroClean melengkapi seluruh HydroCleaners dengan pelatihan Inhouse Development Center yang merupakan pusat pengembangan internal secara berkala agar dapat membersihkan soft furniture menyeluruh sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah sejak pandemi dan selalu ter-update dengan berbagai inovasi dari sisi layanan dan produk.