POROSKOTA.COM, CALIFORNIA – Melalui situs resminya Inc mengumumkan pihaknya telah merilis software iPadOS 16.1 beta secara gratis untuk semua pengguna perangkat Apple non-beta, Rabu (24/8/2022).

Perilisan ini dilakukan perusahaan Apple usai pihaknya menangguhkan perilisan , yang seharusnya diluncurkan ke publik pada musim gugur tepatnya awal September mendatang.

“Kami memiliki fleksibilitas untuk mengirimkan iPadOS sesuai jadwalnya sendiri. Musim Gugur ini, iPadOS akan dikirimkan setelah , sebagai versi 16.1 dalam pembaruan perangkat lunak gratis,” jelas juru bicara Apple.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Sebelum Apple memberikan pernyataan ini, pada awal Agustus lalu publik sempat dihebohkan dengan rumor yang menyebut bahwa Apple akan memisahkan peluncuran iPadOS dengan iOS 16.0.

Beredarnya isu tersebut sontak memicu timbulnya kontroversi bagi para pengguna produk Apple, mengingat Apple sendiri selalu mendistribusikan update software iPadOS dan iOS secara serentak.

Belum diketahui alasan apa yang membuat Apple menangguhkan peluncuran iPadOS 16.0, namun mengutip dari The Verge penangguhan tersebut dilakukan Apple lantaran fitur multitasking Stage Manager yang tersemat dalam iPadOS 16.0 terkendala masalah bug ,yang membuat program tidak bisa berjalan dengan normal.

Penyematan fitur multitasking Stage Manager pada iPadOS 16 awalnya dimaksudkan untuk membantu pengguna saat menjalankan beberapa aplikasi di jendela mengambang pada iPad, namun karena fitur ini dianggap membingungkan pengguna sehingga peluncuran dari software iPadOS 16.0 harus ditunda. Hingga fitur ini bisa kembali diakses dengan mudah.

Sebagai gantinya, Apple sendiri kini telah merilis iPadOS 16.1 beta untuk para pengembang produk Apple yang masih diidentifikasi sebagai iPadOS 16.0 beta 7 di situs web Pengembang Apple.

Meskipun Apple belum mengkonfirmasi perubahan apa yang akan didapat pengguna iPad saat mengupdate software iPadOS 16.1 beta, namun kemungkinan besar Apple tidak akan memperkenalkan perubahan yang lebih besar hingga versi 16.0 beta dirilis pada bulan September nanti.