POROSKOTA.COM – Simak rangkuman peristiwa pada hari ke-188 perang dan , Selasa (30/8/2022).

Di hari ke-188 invasi, pasukan Ukraina melakukan serangan balasan di .

Sementara itu, tim PBB dalam perjalanan untuk memeriksa pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Rentetan roket Ukraina meninggalkan kota Nova Kakhovka yang diduduki Rusia.

Berikut selengkapnya rangkuman peristiwa yang terjadi di hari ke-188 invasi Rusia di Ukraina, seperti dikutip dari The Guardian:

Serangan Balasan Ukraina

Pasukan Ukraina melakukan serangan balasan yang telah lama ditunggu-tunggu di wilayah selatan Kherson, kata pejabat militer.

“Hari ini kami memulai aksi serangan militer ke berbagai arah, termasuk di wilayah Kherson,” kata juru bicara komando selatan Ukraina, Natalia Humeniuk, Senin (29/8/2022).

Dia menolak untuk memberikan rincian lebih lanjut tentang serangan baru.

Namun Natalia Humeniuk mengatakan serangan Ukraina baru-baru ini dilakukan di rute logistik selatan Rusia telah tidak diragukan lagi melemahkan musuh.

“Jika mereka ingin bertahan, sudah waktunya bagi militer Rusia untuk melarikan diri,” kata Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky.

“Para penjajah harus tahu kami akan mengusir mereka ke perbatasan kami, yang garisnya tidak berubah.”

Ukraina menerobos pertahanan Rusia

Pasukan Kyiv telah menembus pertahanan Rusia di beberapa sektor garis depan dekat kota Kherson, kata seorang penasihat senior Zelenskiy.

Oleksiy Arestovych mengatakan pasukan Ukraina juga menembaki feri di wilayah Kherson yang digunakan Moskow untuk memasok wilayah yang diduduki Rusia di tepi barat sungai Dnieper.

Sebuah sumber militer Ukraina yang terpisah mengatakan kepada CNN bahwa pasukannya telah merebut kembali empat desa di dekat kota Kherson setelah menerobos garis depan di tiga tempat, dengan “target” utama adalah Kherson.

Operasi dimulai dengan penembakan berat terhadap posisi Rusia dan bagian belakang, memaksa mereka untuk melarikan diri, kata sumber tersebut.

Roket Ukraina tinggalkan Kakhovka

Sebuah rentetan roket Ukraina meninggalkan kota Nova Kakhovka yang diduduki Rusia di wilayah Kherson tanpa air atau listrik.

Demikian dilaporkan oleh pejabat di otoritas lokal yang ditunjuk Rusia kepada kantor berita Rusia RIA.

Kota ini terletak tepat di sebelah timur kota Kherson.

Pengawas nuklir PBB tiba di Kyiv

Sebuah tim inspektur dari pengawas nuklir PBB tiba di Kyiv pada Senin malam dalam perjalanan ke pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia di Ukraina selatan.

Kepala Badan Energi Atom (IAEA), Rafael Grossi, mengatakan tim akan mengunjungi pabrik dari Rabu hingga Sabtu.

“Kita harus melindungi keselamatan dan keamanan fasilitas nuklir terbesar di Ukraina dan ,” cuit Grossi.

Rudal dan peluru sering mengenai daerah di sekitar pembangkit listrik dan kota-kota terdekat, memicu kekhawatiran mungkin terlalu berbahaya untuk melanjutkan misi.

Rusia sebut misi IAEA diperlukan di PLTN Zaporizhzhia

Kremlin mengatakan misi IAEA “diperlukan” tetapi telah mengesampingkan mengosongkan situs tersebut.

Menteri Luar Negeri Ukraina, Dmytro Kuleba, mengatakan Ukraina mengharapkan delegasi IAEA untuk “menyatakan fakta” ​​mengenai pelanggaran semua protokol keselamatan nuklir.

Dia menambahkan bahwa Rusia “tidak hanya menempatkan Ukraina tetapi juga seluruh dunia dalam ancaman risiko kecelakaan nuklir.”

Rusia tembaki Enerhodar

Pasukan Rusia menembaki Enerhodar, kota tempat pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia berada, menurut angkatan bersenjata Ukraina.

Kepala staf Zelenskiy, Andriy Yermak, juga muncul untuk mengkonfirmasi laporan di saluran Telegramnya di samping video petugas pemadam kebakaran menyiram mobil yang terbakar.

Rusia berusaha rekrut lebih banyak tentara untuk perang di Ukraina

Rusia sedang berjuang untuk menemukan lebih banyak tentara untuk berperang di Ukraina.

Kremlin telah memperluas upaya perekrutan dengan menghilangkan batas usia atas dan dengan memasuki penjara.

“Banyak dari rekrutan baru ini telah diamati lebih tua, tidak layak dan tidak terlatih,” kata seorang pejabat Pentagon kepada wartawan, Senin.

, , memutuskan pekan lalu bahwa pasukannya akan meningkat sekitar 10 persen, menjadi 1,15 juta prajurit, mulai Januari tahun depan.

Rusia tuduh Ukraina terlibat pembunuhan Darya Dugina

Rusia menuduh orang Ukraina kedua terlibat dalam pembunuhan Darya Dugina.

Layanan keamanan FSB Rusia menuduh tanpa bukti warga Ukraina kedua memperoleh dokumen palsu dan mempersiapkan bom mobil yang menewaskan putri seorang ideolog Rusia ultranasionalis bulan ini.