POROSKOTA.COM, BEIJING – Anak unit dari pengembang properti Evergrande Group yakni Evergrande New Energy Vehicle Group Ltd, dilaporkan tengah mempercepat pengiriman kendaraan listrik seri untuk 100 pelanggan pertama pada Sabtu, (29/10/2022).

Mengutip Channel Asia, pengiriman tersebut dilakukan setelah mobil Electric Vehicle (EV) Hengchi 5 rampung melewati tes dan uji coba kelayakan pada bulan lalu, peluncuran ini sebelumnya telah direncanakan sejak Mei lalu namun karena terganjal perilisan Hengchi 5 terpaksa ditunda.

Dengan meluncurkan , Evergrande berharap pihaknya dapat meredakan kritik negatif investor terkait kegagalan perusahaan dalam melakukan restrukturisasi utang yang saat ini telah mencapai 300 miliar dolar AS.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Usai pengiriman pertama yang dilakukan pada Sabtu (29/10/2022) rencananya akan kembali merilis ini di pabrik Tianjin pada paruh pertama 2023 dan dilanjutkan pada kuartal kedua 2023, agar dapat mencapai 1 juta produksi kendaraan di 2025 mendatang.

Sebagai informasi Hengchi 5 merupakan kendaraan jenis D-SUV sporty yang didesain agar dapat mengangkut lima penumpang. Untuk interior Hengchi 5 terlihat modern dan trendi, dengan tiga layar dan sunroof yang besar.

Dimana China Evergrande menyematkan dua layar 10,25 inci untuk pengemudi dan penumpang.

Sedangkan untuk layar utamanya Hengchi 5 memiliki diameter 14,6 inci. Sistem tiga layar ini dibekali koneksi 5G dan dapat bekerja di ekosistem Baidu.

Ditenagai motor listrik tunggal di gandar depan dengan kekuatan 150 kW (204 hp) dan 345 Nm, Hengchi 5 diklaim dapat berakselerasi dari nol hingga seratus dalam hitungan 7,8 detik.

Selain itu Hengchi 5 juga dioperasikan oleh baterai LFP berkapasitas 72,8 kWh buatan CATL yang dapat digunakan untuk menempuh jarak sejauh 602 km, seperti yang dilansir dari Car News China =.

Meski SUV ini merupakan kendaraan listrik pertama yang diproduksi China Evergrande, namun Hengchi telah dilengkapi dengan sistem penggerak otonom L2 bernama ‘Hengchi H-Pilot’ yang dapat memanjakan para pengguna, Hengchi 5 sendiri saat ini memiliki lima variasi warna yakni merah, putih, abu, hitam, dan gold.

Dengan spesifikasi inilah Hengchi 5 menjadi salah satu kendaraan yang paling diburu masyarakat China, mengalahkan beberapa kendaraan listrik dari beberapa produsen mobil ternama salah satunya BYD.

Terlebih harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau sekitar 24.690 dolar AS atau Rp 384 juta (satuan kurs Rp 15.557).