POROSKOTA.COM, JAKARTA – Indonesia memperkuat penetrasinya di pasar aftermarket di Indonesia.

Perusahaan pemain utama produk aftermarket ini kini mulai menggarap pasar suku cadang untuk kendaraan buatan pabrikan non Eropa, yakni -mobil brand Asia seperti Jepang dan Korea di Indonesia.

Menandai ekspansi penetrasi pasarnya ini ZF Aftermarket Indonesia meneken kerjasama dengan jaringan bengkel kendaraan dalam penyediaan solusi satu atap untuk suku cadang aftermarket.

Scroll Untuk Lanjut Membaca

Kerja sama kedua perusahaan diwakili oleh Head of Business Line Passenger Car – Asia Pacific ZF, Dominic Roth, dan Managing Director B-Quik, Vincent L. Goettsch di outlet B-Quik di Lippo Village, Pluit, Jakarta, Senin, 24 Oktober 2022.

Dalam kesepakatan kerja sama ini, ZF Aftermarket Indonesia dan B-Quik Indonesia akan saling mendukung dalam kolaborasi ini untuk menyediakan serta membangun SDM agar menciptakan Subject Matter Expertise atau yang ahli di bidangnya.

B-Quik merupakan jaringan bengkel independen dengan 14 outlet yang tersebar di area Jabodetabek dan akan bertambah lagi satu outlet baru di Graha Raya, Ciledug, Tangerang, yang akan dibuka November 2022.

Dominic Roth mengatakan, ZF akan terus memperkuat komitmennya sebagai pemasok layanan dan produk aftermarket terkemuka yang kuat dan terus berkembang.

“Kami menawarkan jajaran produk dengan teknologi tinggi yang dapat membantu membangun solusi masa depan yang lebih berkelanjutan. Kerjasama dengan B-Quik ini menjadi sebuah kolaborasi yang strategis melalui transfer pengetahuan yang berkelanjutan bagi para mekanik B-Quik,” ujarnya.

Dia mengatakan, dengan total populasi kendaraan roda empat yang mencapai 24 juta unit, Indonesia menjadi pasar yang sangat potensial bagi ZF untuk digarap mengingat kebutuhan suku cadang aftermarket-nya juga tinggi.

Baginya, dengan 90 persen populasi kendaraan yang beredar di Indonesia merupakan buatan manufaktur dari brand-brand Asia, seperti Jepang, Korea Selatan, bahkan , pasar Indonesia menjadi semakin menarik.

Pihaknya akan memastikan ketersediaan suku cadang untuk kendaraan buatan Eropa dan Asia tetap tersedia baik saat ini maupun di masa mendatang.

Selain memasok suku cadang, dalam kerjasama dengan B-Quik ini ZF juga akan memberikan pelatihan kepada para mekanik B-Quik mengenai pemahaman produk mulai dari spesifikasi hingga pemasangan suku cadang ZF Aftermarket.

Donny Kurniawan Septianto, President Director ZF Indonesia mengatakan, produk-produk suku cadang yang dipasarkan ZF Aftermarket Indonesia mencakup sistem transmisi hingga sistem suspensi set secara lengkap, melalui berbagai merek premium yang dimiliki ZF.

Yakni merek Lemforder untuk komponen sasis, Sachs untuk komponen peredam kejut, serta TRW untuk sistem pengereman. Seluruh merek tersebut, menawarkan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara.

Dengan dukungan pelatihan berkelanjutan dari ZF, para mekanik bengkel B-Quik akan mampu menangani berbagai kebutuhan pemilik kendaraan sekaligus menawarkan solusi yang efektif dengan akses ke ZF Technical Dashboard.

“Kita baru masuk Indonesia di 2002 sebagai representative office yang dikelola kantor kami di Singapura dan bendera perusahaan kita baru didirikan di 2017. Produk yang kami tawarkan di B-Quik adalah untuk produk fast moving yang demandnya kuat seperti shock absorber, clutch dan rem serta transmisi,” ujar Donny.

“Kami juga punya high tech product yang sangat lengkap. Kita yakin ke depan bisnis kami tidak hanya sustain tapi juga akan terus bertumbuh apalagi hampir semua sektor saat ini pulih dari pandemi,” imbuh Donny.

Sonny Tandy, Head of Sales ZF Indonesia menambahkan, pihaknya berusaha memahami apa saja kebutuhan pemilik kendaraaan di Indonesia. Dia memastikan, meski memiliki kualitas Eropa, produk suku cadang aftermarket ZF ditawarkan dengan harga yang masuk akal.

“Mereka berhak mendapatkan parts dan equipment yang bagus, servis yang excellent serta harga yang reasonable. Itu yang paling penting bagi kami,” ungkap Sonny.

“Kolaborasi ini dengan B-Quik ini berorientasi ke customer, antara lain menjaga kesinambungan pasokan spare parts yang dikombinasikan dengan servis yang excellent ke customer. ZF juga salah satu peloporr intelligent mobility di dunia. Kita siap support maupun kendraaan otonom di Indonesia,” imbuhnya.

“Next generation mobiltiy akan menjadi key focus kita ke depan. Kami di ZF sangat serius menggarap ini, tidak hanya dari sisi customer product tapi juga di sisi customer service dan juga di after sales services,” ujar Donny Kurniawan.

“Kerjasama dengan B-Quik tidak sekedar mememasok produk komponen, tapi juga kami turut mendevelop kemampuan SDM B-Quik tentang produk kami. Kami juga akan develop service network di B-Quik,” imbuhnya.